KARENA BAHAGIA ITU SIMPEL, NGGAK PERLU SERBA MAHAL UNTUK MERAYAKANNYA

Ane mau tanya nih….

Apaan…?

Kalau mendengar kata “Perayaan” apa yang kemudian terlintas di benak Sobat?

Makan-makan, Kue Ulang tahun, Gadget Baru dan yang mirip-mirip seperti itulah….

Wah… ternyata dari definisi “Perayaan” aja, ada banyak pemikiran unik yang muncul yaa ^_^

Emangnya kalo menurut Ente, makna “Perayaan” itu apa…?

“Simpel dan Hepi”

Itu aja…?

Yups….

Lah… kalo begitu bukan perayaan dong namanya, secara yang namanya perayaan itu kan biasanya melibatkan banyak orang dan biaya.

Waduh… Ente kebanyakan nonton tayangan tv yang nggak jelas nih.. 😀  Yang namanya perayaan itu kan sejatinya adalah cara/tindakan/metode yang dilakukan untuk mengapresiasi sesuatu. Jadi nggak masalah bagaimanapun cara Sobat melakukannya (nggak mesti mahal loh ya) pokoknya selama syaratnya dan maksudnya terpenuhi tetap bisa disebut “perayaan”

 Emang.. bentuk perayaan yang sering Ente lakukan itu apa aja sih…? Jadi penasaran….

Eits… walaupun simpel tapi perayaan yang Ane lakukan itu banyak macemnya loh…

Kok bisa…?

Bisa dong, karena ada banyak momen disekitar Ane yang layak untuk dirayakan.

Cih… bohong banget

Gak percaya…? Oke deh Ane jelasin apa aja jenis Perayaan yang rutin Ane lakukan.

*-Perayaan Ungkapan terimakasih

Sebagai mahluk Sosial kita tentunya nggak bisa selamanya berdiri sendiri, pasti ada suatu masa dimana kita membutuhkan bantuan orang lain. Nah… untuk kasus Ane Proses pengambilan foto adalah yang nggak bisa dilakukan sendiri.

Karena selama ini yang Jadi Photographer  adalah Adik Ane (yang hobinya nonton drakor) salah satu cara yang paling sering Ane lakukan untuk merayakan selesainya proses foto adalah dengan membelikan makanan yang ingin dia cicipi (biasanya sih itu makanan yang sering muncul di drakor atau variety show korea).

Makanan seperti Apa yang Ente maksud..?

Mie “Nongshim Shin Ramyun”

Baca lebih lanjut

Iklan

Rahasia Hidup Sehat yang Mungkin Sobat Abaikan

Percaya nggak kalau sebagian besar yang orang pikirkan saat mendengar kata sehat itu adalah ‘dokter’.

Emang harusnya begitu kan…?

Iya sih, tapi sadar nggak dengan berpikir seperti itu menunjukkan kalau Sobat hanya mengandalkan dokter saja untuk menjadi sehat.

Memangnya ada yang bisa menyehatkan selain dokter?

Jawabannya bukan Cuma ‘ada’ , tapi  ‘ada banyak’ hal –hal yang menyehatkan selain ke dokter. Ane yakin kita semua sebenarnya tau caranya, hanya saja terkadang kita menganggapnya remeh dan kemudian mengabaikannya. Nah.. kalau Sobat mau tahu apa yang dimaksud, baca terus artikel ini sampai habis ya.. :

Senyum

Tau nggak Sob kalau senyum itu ternyata mampu menyehatkan mental. Setiap kali seseorang tersenyum akan ada reaksi “bahagia dan merasa baik” yang mampu memicu kerja hormon endorfin yang berfungsi secara alami untuk meredakan rasa sakit.

Tapi bagaimana kalau senyumnya kita nggak tulus?

Nggak apa-apa Sob, yang penting biasakan aja perbanyak tersenyum setiap hari. Karena penelitian juga telah membuktikan kalau tersenyum terpaksa pun tetap dapat meningkatkan mood yang lesu. Jadi ayok perbanyak senyum setiap hari.

Berjalan kaki

Sadar nggak Sob, kalau kecanggihan teknologi saat ini berperan besar terhadap masalah kesehatan manusia…?

Sadar dong, berkat berkembangnya teknologi banyak penyakit bisa disembuhkan.

Heh… ane malah berpikir sebaliknya, menurut Ane semakin modern zaman semakin membuat lemah manusia. Lihat saja sekarang orang-orang begitu malas untuk menggunakan kakinya dengan maksimal.  Sedikit-sedikit naik motor, padahal jarak yang dituju tak terlalu jauh.

Emang manfaat jalan kaki apa sih? Bukannya Cuma buat ngurusin badan doang.?

Heh… ada Benarnya, tapi masih kurang lengkap, ini nih beberapa manfaat jalan kaki.

  • Menjaga kesehatan jantung. Berjalan setiap hari dapat meningkatkan detak jantung
  • Meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Mencegah osteoporosis.
  • Membantu pembentukan otot.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Dapat merangsang otot pada otak.
  • Menjaga tubuh tetap aktif dan siaga.
  • Membantu proses detoksifikasi pada tubuh

Jadi gimana Sob…? Setelah tau berbagai manfaat jalan kaki, masih males bergerak? Apa kata dunia…?! Yuk ah biasakan Gaya Hidup Sehat sejak dini.

Kurangi bermain smartphone

Bukan efek dari pengaruh sinyal smartphone yang berbahaya. Melainkan kebiasaan Sobat yang terlalu asyik bermain smartphone hingga lupa waktu. Efek lain yang ditimbulkan dari aktifitas ini adalah membuat tubuh lemah.

Kenapa…?

Karena ketika bermain smartphone, gerakan yang Sobat lakukan cenderung monoton dan diam dalam satu posisi dengan waktu lama. Hal inilah yang kemudian membuat tubuh lemah. Karena itu Yuk mulai sekarang batasi waktu bermain smartphone untuk menjaga kesehatan.

Perbanyak makan sayur

Enak nggak berarti sehat, yups.. itulah fakta yang terjadi saat ini. seringkali kita tergiur oleh iklan dan tren kuliner yang booming di sosmed, enak sih tapi apakah sehat…? Belum tentu.

Mengkonsumsi sayur-sayuran adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh, namun sayangnya walau tau manfaatnya banyak orang mengabaikannya.

Habisnya rasanya nggak enak sih…?

Kalau begitu masalahnya, Sobat harus menemukan satu menu atau jenis sayuran yang cock. Masa dari sekian banyak sayuran tak ada satupun yang disukai …?

olahraga

kalau yang ini sih sudah bukan rahasia lagi, karena semua pasti sudah mengetahuinya. Hanya saja yang menjadi masalah, orang-orang selalu mengatakan tak punya waktu untuk melakukan olahraga. Benar begitu…?

yups benar sekali

Hello.. Sob! Yang sebenarnya Ente maksud sebagai olahraga itu seperti apa sih…? Apakah lari berkilo-kilo dilapangan? Bermain bola? Bermain basket? Atau fitnes…?

Salah besar kalau Sobat berpikir seperti itu, karena olahraga sejatinya adalah menggerakkan tubuh kita (nonton tv, main smartphone nggak masuk dalam definisi ini ya). Selain itu olahraga ada banyak macamnya, dan kita nggak mesti ke lapangan untuk dapat melakukannya…? diam dirumah pun Sobat tetap dapat melakukan olahraga secara maksimal.

Olah raga seperti apa yang bisa dilakukan dirumah?

Banyak banget jenisnya, mulai dari yang paling mudah seperti : push up, sit up, pull up, lari ditempat, lompat tali, hingga menyapu dan mencuci pun bisa dikategorikan sebagai olahraga. Intinya Sobat haru banyak melakukan aktivitas fisik, dan jangan hanya diam menonton TV saja.

Oh iya satu lagi, selama ini orang sering berpikir kalau melakukan olahraga itu harus dalam jangka waktu lama. Padahal sebenarnya 15 sampai 30 menit setiap hari sudah cukup kok. Jadi mulai sekarang nggak ada alasan lagi ya untuk mengabaikan olahraga.

Siap..!

Apa yang Ane tulis ini sebenarnya hanya sebagian kecil dari banyaknya rahasia sehat. Percaya deh Sob sebenarnya hidup sehat itu murah, justru sakit itulah yang mahal. Karenanya yuk mulai sekarang biasakan Gaya Hidup Sehat setiap hari dan Mari Sembuhkan Indonesia.

Jangan buka Qlapa.com! Kalau Sobat Nggak Mau Galau!

Beberapa hari yang lalu Ane galau abis Sob,

Ane tebak, pasti ada hubungannya dengan Qlapa.com yak…?

Loh… kok tau…?

Tau lah, kan di judul artikel sudah disebutin

iya sih emang gara-gara kejadian ini Ane jadi kenal dengan Qlapa.com yang fenomenal itu…

Emang ada apa sih..?

jadi ceritanya waktu itu kan Ane diundang untuk menghadiri acara di luar daerah. Nah… karena acaranya tingkat nasional rasanya nggak etis dong kalo Ane tampil acak-acakan seperti biasanya.

eh… jadi Ente mau pake baju resmi gitu..?!

iya dong…

ahahaha….. pasti rasanya asing ya,

pastinya….

Yang membuat Ane kelabakan itu adalah karena pemberitahuan ‘dress codenya’ datang saat malam hari, padahal Ane berangkat ke bandaranya jam 4 subuh.

Kenapa nggak langsung beli aja malam itu?

Sulit Sob, karena toko-toko yang menjual barang-barang seperti baju batik, celana kain dan sepatu kulit jarang banget di Desa Ane.

Trus gimana dong jadinya….?

Yaaa.. gitu deh akhirnya Ane bergerilya kerumah saudara dan keluarga untuk minjem ‘outfit-outfit’ yang disuruh, Alhamdulillah semua yang dibutuhkan berhasil Ane temukan walaupun beberapa diantaranya kurang pas di ‘body’ Ane yang punya perut montok (baca:buncit). Baca lebih lanjut

Dikalahkan Waktu

 

Kita nggak bisa menebak apa yang terjadi dimasa depan

yaah… kita tau fakta itu, namun entah kenapa terkadang kita masih saja berlagak seolah-olah tahu akan masa depan. Saya bukannya sedang membicarakan orang, ini tentang saya sendiri.

Tidak melakukan apa-apa, menunda-nunda pekerjaan bahkan terkadang mengabaikannya “ah.. masih ada hari esok” begitu yang selalu saya ucapkan pada diri saya.  Lihat betapa Sombongnya Saya… “Astaga…”

Melihat fakta yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan pastinya membuat saya kecewa, iya kecewa berat. saat itu yang saya lakukan hanya marah-marah dan menyalahkan orang lain, padahal itu kan salah saya sendiri bukan salah siapa-siapa. heh…

lucu…, sungguh lucu… bukan?  itulah yang saya rasakan sekarang.

Mulai saat ini Tak ada yang perlu disesalkan, toh itu sudah berlalu. kini yang harus saya lakukan adalah terus maju dengan semangat baru dan optimis baru. Meremehkan waktu itu ternyata adalah kesalah fatal.

Bangkit…! Bangkit…! dan Mulai lagi dengan cepat!

Itu yang harus saya lakukan sekarang.

OPTIMIS!!!!

Jangan ke Bukalapak Pas Ada Promo! Bahaya!

Hehehe… sebenarnya cara penyampaian cerita komik di atas agak lebay sih, tapi percaya nggak percaya fakta dilapangan emang seperti itu loh sob ^_^

Bohong ah…

Beneran Sob, belanja di bukalapak itu beneran bisa buat ketagihan.

Emangnya apa sih yang dijual?

Banyak banget, Ane aja sampai bingung mau nyebut apa

Ente buka website bukalapak niatnya mau ngapain?

buat Iseng aja sih awalnya  ^_^

Lah.. gimana ceritanya tuh dari iseng  bisa jadi ketagihan belanja?

itu juga yang membuat Ane bingung 😀 Baca lebih lanjut

“Begibung” Rahasia Makan yang Mempererat Silaturahmi

intro

“Del…! Syarif..! Ayo Makan Dulu…..!” Teriak Yuli Sahabatku

“Ya Bentar Lagi.., Tanggung nih!” jawabku

Sinar matahari siang itu memang sangat terik, maklum lokasinya di tengah Sawah.

Kegiatan praktek budidaya pertanian yang kami lakukan ini sebenarnya baru berjalan beberapa jam saja, tapi butiran keringat yang bercucuran di keningku itu ukurannya sudah hampir sebesar butiran jangung saja #lebay.

Capek sih sebenarnya…

tapi rasa gengsiku masih lebih besar.

“Anak pertanian kok loyo, apa kata dunia….?”

Karena gengsi itulah kupaksa diriku untuk terus mencangkul.

 

Syarif yang mencangkul di depanku pun Kelihatannya sudah sampai pada batasnya.

“Del… sepertinya memang sudah waktunya istirahat nih, Badan udah nggk bisaa diajak kompromi” ujarnya sambil menyeringai.

Hehehe… ini kalimat yang kutunggu-tunggu dari tadi, *good job Syarif 😀

Aku langsung mengangguk setuju, kami berdua pun bergegas ke bilik bambu tempat yuli menyiapkan makan siang.

#Nyaamm….

~~~~*~~~~

Tak perlu menunggu lama,

Perut kami yang tadinya bernyanyi sambil meronta meminta untuk di isi kini sudah sedikit lebih jinak, maklum beberapa suap nasi dan tempe sudah meluncur ke dalam perut

#Nyaamm….

Menyantap makanan ditengah sawah setelah bercocok tanam itu memang Maknyossss…. Sobat! Bahkan Saking enaknya sampai nggak aku gambarkan.

“Benar-benar menjadi momen yang nggak terlupakan”

Masa sih…?

Sobat nggak percaya..? Cobain makanya…..

Udah, tapi biasa aja. Nggak seenak yang diceritakan.

Nah itu dia sob, sebenarnya ada satu tips rahasia yang kami lakukan saat itu.

Apa…?

Ssst.. tapi ini rahasia ya..?

Iya..

Rahasianya adalah “Begibung”

“Begibung…?”

Yups…

Jadi saat itu yang membuat kegiatan makan menjadi lebih seru,nikmat dan mengasyikkan bukanlah karena rasa lapar atau lauknya (maaf ya Yuli.. 🙂  ) melainkan cara kami menyantapnya secara “Begibung” itu.

 

wow big

Begibung itu sendiri dalam bahasa Sasak Lombok berarti “makan bersama-sama dalam satu wadah”

Wadahnya itu nggak mesti piring ya Sob,

Bisa menggunakan nampan, bakul atau bahkan daun pisang. Bebas deh pokoknya 😀

Menyantap makanan dengan Begibung membuat “batasan” diantara kami menghilang.

Batasan..? batasan apa…?

Ekhem…, Batasan yang dimaksud disini itu yang positif ya 😀

Jadi diatas daun pisang itu kami bisa saling berbagi lauk, nasi atau krupuk dengan bebas tanpa takut ada yang dirugikan.

Ooo……

Kegiatan “Begibung” ini telah menjadi budaya dikalangan masyarakat Lombok sejak lama Loh, karenanya Sobat jangan heran ya ketika nanti misalnya tengah berjalan melewati suatu tempat dan melihat pemilik rumah yang tengah makan mengajak Sobat untuk ikut bergabung.

😀 😀

Oh iya satu lagi,

ketika di undang pada acara-acara adat (walaupun sudah agak jarang) kadang ada juga loh yang acara santapnya masih menggunakan cara “Begibung”, jadi Sobat harap maklum ya.

memangnya apa sih manfaat “Begibung…?”

Wah banyak banget sob nih beberapa diantaranya :

 Menambah Keakraban

Ketika menyantap makanan bersama banyak cerita dan momen yang terjadi, nah disaat inilah keakraban akan semakin terjalin.

tertawa aplod

Melatih Tenggang Rasa

Karena yang menyantap lebih dari satu, Ada kalanya lauk yang tersedia tidak cukup. Tanpa diberi perintah biasanya yang memiliki lauk akan membagi-bagikannya jatahnya kepada yang lain.

Melatih kecepatan

Hmm… ini sebenarnya bukan bagian dari manfaat tapi mungkin lebih tepat kalau dimasukkan dalam kategori “keasyikan Begibung” 😀

Loh Kenapa…?

Karena ada waktu saat lauk yang tersedia bermacam-macam dan “terbatas jumlahnya”, pada saat inilah kecepatan tangan Sobat akan dilatih.

“Semakin cepat, maka Semakin Enak lauk yang Sobat bisa dapatkan” 😀 😀

Wohohoho…

Sejalan dengan beriringnya waktu,

Bagi aku dan teman-teman definisi “Begibung” sudah agak bergeser.

Maksudnya..?

Jadi istilah begibung itu tidak hanya berlaku pada saat makan saja, tapi bisa juga diterapkan pada kegiatan lain, gotong Royong adalah salah satunya.

Jadi misalkan ada kegiatan kerja bakti untuk membersihkan Selokan air yang mampet, maka kalimat yang biasa kami gunakan itu adalah

“Ayo kita Begibung bersihkan Selokan! Biar cepat Bersih..!”

Nah bagi aku yang pernah tinggal di pondok istilah Begibung pun juga sering kuterapkan pada hal lain.

Apa itu…?

Begibung Saat Membaca Buku 🙂 🙂

Hah…?

Itu beneran loh Sob!

Sebagaimana yang Sobat Tau, Sebagian besar Anak pondok itu kan berasal dari daerah yang jauh dan terpisah dengan orang tua, karena itu ketika mendapat kiriman buku Novel atau Komik terbitan Gramedia, hal itu menjadi hiburan yang paling menyenangkan.

begibung baca aplod

Kami nggak mau ketinggalan momen mengasyikkan itu.

jadi ketika Novel atau Komik telah dibaca oleh pemilik aslinya, maka bacaan itu pun akan kami “Gibung” beramai-ramai.

Umumnya 3 sampai 4 orang sih, tapi menurut pengalaman jumlah pembacanya ini bisa meningkat, tergantung kepopuleran bacaannya (pernah loh satu komik kubaca berdelapan 😀 😀 )

Kegiatan “Begibung” ini sangat mengasyikkan loh Sob, makanya “Recommended” banget untuk dicoba, Apalagi jika Sobat adalah anak kos yang jauh dari rumah (percaya deh ikatan persahabatanmu dengan teman yang lain akan semakin erat, Trust Me!)

Yuk.. segera Cobain Sob!

Mengerjakan hal-hal Positif bersama-sama itu Menyenangkan banget Loh.

Ngeblog, From Hoki to Hobi

Kisah ini dimulai 4 tahun yang lalu…..

Dari sebuah fakultas pertanian yang berada di salah satu Universitas Negeri kota Mataram.

Tempat dimana seorang mahasiswa tampan berambut keriting yang kelak menjadi blogger keren nan sukses (amin…amin…amin…) menghabiskan waktunya untuk mencari pac…. ekhm ilmu.

komik-1

Sebuah kampus keramat yang mengenalkannya dengan dunia online……

Dunia yang kemudian dijadikan media untuk menangkap semua mimpinya…

Untuk kemud….

“CUT…..!”

Udahan ah basa – basi lebaynya

Pokoknya inti dari cerita di atas perkenalan Ane dengan blog itu terjadi saat kuliah, dan alasan pertama ngeblog saat itu adalah karena Ane galau.

Galau…? Baca lebih lanjut