Jangan ke Bukalapak Pas Ada Promo! Bahaya!

Hehehe… sebenarnya cara penyampaian cerita komik di atas agak lebay sih, tapi percaya nggak percaya fakta dilapangan emang seperti itu loh sob ^_^

Bohong ah…

Beneran Sob, belanja di bukalapak itu beneran bisa buat ketagihan.

Emangnya apa sih yang dijual?

Banyak banget, Ane aja sampai bingung mau nyebut apa

Ente buka website bukalapak niatnya mau ngapain?

buat Iseng aja sih awalnya  ^_^

Lah.. gimana ceritanya tuh dari iseng  bisa jadi ketagihan belanja?

itu juga yang membuat Ane bingung 😀 Lanjutkan membaca “Jangan ke Bukalapak Pas Ada Promo! Bahaya!”

Iklan

“Begibung” Rahasia Makan yang Mempererat Silaturahmi

intro

“Del…! Syarif..! Ayo Makan Dulu…..!” Teriak Yuli Sahabatku

“Ya Bentar Lagi.., Tanggung nih!” jawabku

Sinar matahari siang itu memang sangat terik, maklum lokasinya di tengah Sawah.

Kegiatan praktek budidaya pertanian yang kami lakukan ini sebenarnya baru berjalan beberapa jam saja, tapi butiran keringat yang bercucuran di keningku itu ukurannya sudah hampir sebesar butiran jangung saja #lebay.

Capek sih sebenarnya…

tapi rasa gengsiku masih lebih besar.

“Anak pertanian kok loyo, apa kata dunia….?”

Karena gengsi itulah kupaksa diriku untuk terus mencangkul.

 

Syarif yang mencangkul di depanku pun Kelihatannya sudah sampai pada batasnya.

“Del… sepertinya memang sudah waktunya istirahat nih, Badan udah nggk bisaa diajak kompromi” ujarnya sambil menyeringai.

Hehehe… ini kalimat yang kutunggu-tunggu dari tadi, *good job Syarif 😀

Aku langsung mengangguk setuju, kami berdua pun bergegas ke bilik bambu tempat yuli menyiapkan makan siang.

#Nyaamm….

~~~~*~~~~

Tak perlu menunggu lama,

Perut kami yang tadinya bernyanyi sambil meronta meminta untuk di isi kini sudah sedikit lebih jinak, maklum beberapa suap nasi dan tempe sudah meluncur ke dalam perut

#Nyaamm….

Menyantap makanan ditengah sawah setelah bercocok tanam itu memang Maknyossss…. Sobat! Bahkan Saking enaknya sampai nggak aku gambarkan.

“Benar-benar menjadi momen yang nggak terlupakan”

Masa sih…?

Sobat nggak percaya..? Cobain makanya…..

Udah, tapi biasa aja. Nggak seenak yang diceritakan.

Nah itu dia sob, sebenarnya ada satu tips rahasia yang kami lakukan saat itu.

Apa…?

Ssst.. tapi ini rahasia ya..?

Iya..

Rahasianya adalah “Begibung”

“Begibung…?”

Yups…

Jadi saat itu yang membuat kegiatan makan menjadi lebih seru,nikmat dan mengasyikkan bukanlah karena rasa lapar atau lauknya (maaf ya Yuli.. 🙂  ) melainkan cara kami menyantapnya secara “Begibung” itu.

 

wow big

Begibung itu sendiri dalam bahasa Sasak Lombok berarti “makan bersama-sama dalam satu wadah”

Wadahnya itu nggak mesti piring ya Sob,

Bisa menggunakan nampan, bakul atau bahkan daun pisang. Bebas deh pokoknya 😀

Menyantap makanan dengan Begibung membuat “batasan” diantara kami menghilang.

Batasan..? batasan apa…?

Ekhem…, Batasan yang dimaksud disini itu yang positif ya 😀

Jadi diatas daun pisang itu kami bisa saling berbagi lauk, nasi atau krupuk dengan bebas tanpa takut ada yang dirugikan.

Ooo……

Kegiatan “Begibung” ini telah menjadi budaya dikalangan masyarakat Lombok sejak lama Loh, karenanya Sobat jangan heran ya ketika nanti misalnya tengah berjalan melewati suatu tempat dan melihat pemilik rumah yang tengah makan mengajak Sobat untuk ikut bergabung.

😀 😀

Oh iya satu lagi,

ketika di undang pada acara-acara adat (walaupun sudah agak jarang) kadang ada juga loh yang acara santapnya masih menggunakan cara “Begibung”, jadi Sobat harap maklum ya.

memangnya apa sih manfaat “Begibung…?”

Wah banyak banget sob nih beberapa diantaranya :

 Menambah Keakraban

Ketika menyantap makanan bersama banyak cerita dan momen yang terjadi, nah disaat inilah keakraban akan semakin terjalin.

tertawa aplod

Melatih Tenggang Rasa

Karena yang menyantap lebih dari satu, Ada kalanya lauk yang tersedia tidak cukup. Tanpa diberi perintah biasanya yang memiliki lauk akan membagi-bagikannya jatahnya kepada yang lain.

Melatih kecepatan

Hmm… ini sebenarnya bukan bagian dari manfaat tapi mungkin lebih tepat kalau dimasukkan dalam kategori “keasyikan Begibung” 😀

Loh Kenapa…?

Karena ada waktu saat lauk yang tersedia bermacam-macam dan “terbatas jumlahnya”, pada saat inilah kecepatan tangan Sobat akan dilatih.

“Semakin cepat, maka Semakin Enak lauk yang Sobat bisa dapatkan” 😀 😀

Wohohoho…

Sejalan dengan beriringnya waktu,

Bagi aku dan teman-teman definisi “Begibung” sudah agak bergeser.

Maksudnya..?

Jadi istilah begibung itu tidak hanya berlaku pada saat makan saja, tapi bisa juga diterapkan pada kegiatan lain, gotong Royong adalah salah satunya.

Jadi misalkan ada kegiatan kerja bakti untuk membersihkan Selokan air yang mampet, maka kalimat yang biasa kami gunakan itu adalah

“Ayo kita Begibung bersihkan Selokan! Biar cepat Bersih..!”

Nah bagi aku yang pernah tinggal di pondok istilah Begibung pun juga sering kuterapkan pada hal lain.

Apa itu…?

Begibung Saat Membaca Buku 🙂 🙂

Hah…?

Itu beneran loh Sob!

Sebagaimana yang Sobat Tau, Sebagian besar Anak pondok itu kan berasal dari daerah yang jauh dan terpisah dengan orang tua, karena itu ketika mendapat kiriman buku Novel atau Komik terbitan Gramedia, hal itu menjadi hiburan yang paling menyenangkan.

begibung baca aplod

Kami nggak mau ketinggalan momen mengasyikkan itu.

jadi ketika Novel atau Komik telah dibaca oleh pemilik aslinya, maka bacaan itu pun akan kami “Gibung” beramai-ramai.

Umumnya 3 sampai 4 orang sih, tapi menurut pengalaman jumlah pembacanya ini bisa meningkat, tergantung kepopuleran bacaannya (pernah loh satu komik kubaca berdelapan 😀 😀 )

Kegiatan “Begibung” ini sangat mengasyikkan loh Sob, makanya “Recommended” banget untuk dicoba, Apalagi jika Sobat adalah anak kos yang jauh dari rumah (percaya deh ikatan persahabatanmu dengan teman yang lain akan semakin erat, Trust Me!)

Yuk.. segera Cobain Sob!

Mengerjakan hal-hal Positif bersama-sama itu Menyenangkan banget Loh.

Ngeblog, From Hoki to Hobi

Kisah ini dimulai 4 tahun yang lalu…..

Dari sebuah fakultas pertanian yang berada di salah satu Universitas Negeri kota Mataram.

Tempat dimana seorang mahasiswa tampan berambut keriting yang kelak menjadi blogger keren nan sukses (amin…amin…amin…) menghabiskan waktunya untuk mencari pac…. ekhm ilmu.

komik-1

Sebuah kampus keramat yang mengenalkannya dengan dunia online……

Dunia yang kemudian dijadikan media untuk menangkap semua mimpinya…

Untuk kemud….

“CUT…..!”

Udahan ah basa – basi lebaynya

Pokoknya inti dari cerita di atas perkenalan Ane dengan blog itu terjadi saat kuliah, dan alasan pertama ngeblog saat itu adalah karena Ane galau.

Galau…? Lanjutkan membaca “Ngeblog, From Hoki to Hobi”

Lombok Paradise

Ane akui, untuk masalah popularitas, pulau Lombok memang masih kalah populer dengan tetangganya “Pulau Dewata” Bali. Tapi percaya atau nggak, apa yang Sobat temukan di Bali ternyata bisa juga loh ditemukan di “Pulau Seribu Masjid” ini.

Masa sih….?
Yups… ada 2 alasannya.

Pertama, Keindahan alamnya.
Jangan pikir pantai yang bernama Kuta itu Cuma ada di Bali doang ya Sob 😀
Sebab Lombok pun punya pantai berpasir putih nan indah bernama Kuta. Pantai ini juga sekarang telah menjadi tempat favorit wisatawan lokal dan asing. Dengan memperbaiki pengelolaan dan sarana transportasi di masa depan, Ane yakin kalau Kuta Lombok ini bisa diadu dengan pantai dengan milik tetangga 🙂
homeKedua, budayanya.
Ketika berkunjung ke Lombok di beberapa tempat Sobat dapat menjumpai banyak Pura (tempat ibadah umat Hindu). Sobat juga bahkan bisa menyaksikan langsung acara-acara adat khas masyarakat Hindu Bali di Lombok dengan megah. Lanjutkan membaca “Lombok Paradise”

PICTALOGI DAN VIRUS NARSIS EVERYWHERE!!!

pictaloogi

Kalau ada pihak yang harus disalahkan dengan semakin merajalelanya virus narsis maka Ane yakin itu adalah “pictalogi”
Loh… bukannya media social…?
Yaelah.. itu sih tahun-tahun kemarin Sob…! Kalau tahun 2014 ini sih pictalogi sumber utamanya.
Kok bisa…?!
Ah.. ketauan nih kalau Ente belum kenal dengan pictalogi
He..he.. iya, makanya jelasin dong dari awal apa sih pictalogi itu…?

Oke deh, berhubung Ane itu orangnya baek tidak sombong dan rajin menabung  Ane bakalan jelasin secara singkat tentang website keren bernama pictalogi ini.
Website…?
Ya Pictalogi itu adalah sebuah website lokal asli karya anak bangsa yang spesialisasinya di bagian cetak mencetak foto.

Lah…? Bedanya apa dengan cetak foto biasa…?
Hohoho beda dong Sob! kalo yang konvensional itu Ente yang harus datangin lokasi maka pictalogi ini kebalikannya. Fotonya yang datangin Ente 😀

Yaelah.. kalo mau seperti itu sih mending cetak pake printer sendiri aja. Lebih cepat
iya sih dulu Ane juga mikir seperti itu, tapi setelah mengintip kualitasnya Ane angkat tangan. ternyata  cetak foto di pictalogi ini keren banget

Oke… oke… Cetak Foto Makin Mudah dengan Pictalogi, tapi gimana ceritanya website ini bisa menyebar virus narsis..?
Nah itu dia Sobat…, selain bisa mencetak foto seperti umumnya pictalogi ternyata telah berhasil melakukan berbagai inovasi foto, nah produk baru mereka inilah yang membuat virus narsis berkembang drastic

Oh..ya…? emang apa aja sih produk mereka itu…?
Ente beneran mau liat…?
Iya..
mending jangan deh…. Ane nggak tanggung ya kalau setelah ngeliat Ente jadi terinfeksi virus narsis…
Hahaha gak mungkin lah, iman Ane kuat
Oke.. ini dia produknya. Cekibrot

pilihan pictalogi
 
Wow……!!! Keren… keren….! Lanjutkan membaca “PICTALOGI DAN VIRUS NARSIS EVERYWHERE!!!”

Karena Cinta itu “Unlimited”

komik 1 jadi aplod
“Cinta itu adalah ketika kamu menyukai seorang lawan jenis.

Entah… benar atau salah, tapi yang pasti  itulah definisi cinta  pertama yang Aku yakini ketika masa sekolah lanjutan awal. Saat itu aku memang tidak pernah bertanya langsung tentang definisi cinta, tapi dengan mengamati teman-teman dan lingkungan sekitarku aku jadi bisa menarik kesimpulan kalau….
“Lingkup cinta itu terbatas dan hanya berlaku pada lawan jenis” Lanjutkan membaca “Karena Cinta itu “Unlimited””

Kenapa Sih E-learning itu Penting…?

uplod 1 komik jadi

Mungkin ilustrasi diatas agak sedikit ‘lebay’ ya, tapi kejadian seperti ini emang beneran pernah Ane alamin dulu, serius.… ( walaupun nggak se ekstrim kartunnya sih 😀  )

Sekarang Ayo jujur, Waktu jaman sekolah Sobat pasti pernah paling nggak satu kali ketemu dengan guru yang kalo ngasi penjelasan ngebuat seisi kelas ngantuk.
hah…? guru hipnotis maksudnya?
*Gubrak…!
Bukan….. , yang Ane maksud guru yang waktu ngasi penjelasan materi selalu ‘text book” alias selalu terpaku buku, kalo istilah gaulnya sekarang ‘monoton.’
Oh…iya ada tuh
Emang sih nggak ada yang salah dengan hal itu, karena materi tetap bisa tersampaikan. tapi yang jadi masalah adalah : “Apa bedanya belajar sendiri dengan belajar bersama guru kalau monoton seperti itu?” Lanjutkan membaca “Kenapa Sih E-learning itu Penting…?”