Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 dengan Kreatif, Narsis dan Menyenangkan

Indonesia dan Revolusi Industri 4.0

Sebenarnya momen datangnya Revolusi Industri 4.0 ini sangat menguntungkan bagi Indonesia. Kenapa? Karena tepat saat ini negara kita sedang berada dalam “Bonus Demografi” yaitu suatu masa dimana penduduk berusia produktif (usia 16 – 64 tahun) jumlahnya lebih banyak. Perlu untuk Sobat ketahui berdasarkan penelitian terbaru, dari total 260 juta penduduk Indonesia saat ini, 160 juta diantaranya berada dalam usia produktif. “horeee..!”

Kalau diibaratkan dalam senjata, maka saat ini Indonesia punya amunisi yang banyak

Akan tetapi hal yang merugikan pun sebaliknya bisa juga terjadi (T_T )mengingat momen ‘Bonus Demografi’ itu akan dikatakan berhasil menghadapi revolusi industri 4.0 manakala penduduknya punya kemampuan pendidikan yang mumpuni dalam dunia digital.

Loh, Memangnya kenapa kalau tidak bisa…?
Itu jelas akan berbahaya, karena dapat mengakibatkan kerugian besar. Sebagaimana yang Sobat ketahui pada ‘Revolusi Industri 4.0’ ini teknologi robot dan internet telah berkembang sedemikian pesatnya, sehingga tidak menutup kemungkinan jika pekerjaan manusia yang sifatnya repetitif akan tergantikan oleh robot demi alasan produktifitas dan efektifitas.
Bagaimana, Sekarang sudah paham kan alasannya?
Glek…!

Strategi Pemerintah Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Tahun lalu, tepatnya pada tanggal 4 april 2018 pemerintah meluncurkan “peta jalan dan strategi dalam memasuki era digital: Making Indonesia 4.0” dalam strategi itu Kementrian Perindustrian menyebutkan akan berfokus pada lima sektor manufaktur unggulan yang berkontribusi besar terhadap PDB dan memiliki daya saing internasional.
Adapun Sektor Industri yang Siap menerapkan industri 4.0 adalah:
1. Industri Makanan dan MInuman
2. Industri Otomotif
3. Industri Tekstil dan Pakaian Jadi
4. Industri Elektronik
5. Industri Kimia

Pemerintah tentunya tak sembarangan dalam membuat strategi, pastinya ada penelitian mendalam yang terlebih dahulu dilakukan. Mari berdoa agar dalam waktu dekat kita bisa mendapatkan hasil positif dari program pemerintah ini. Aamiin.

Revolusi Industri 4.0 dan Pengaruhnya pada Masyarakat

Sobat boleh percaya atau tidak, tapi apa yang disampaikan dalam komik di atas adalah respon nyata dari orang – orang disekelilingku saat mendengar istilah Revolusi Industri 4.0 dan semacamnya. Sebagian besar mereka kurang tertarik dengan hal seperti itu karena menganggap yang dilakukan di desa tak akan memberikan pengaruh apa-apa pada keadaan indonesia saat ini.

Sebagai orang yang tinggal di sekitar pedesaan aku mengerti dengan apa yang masyarakat rasakan, selain Dampak dari Revolusi Industri 4.0 tidak terlalu lihat di Desa, kondisi lingkungannya yang segar dan alami membuat orang-orangnya menjadi lebih santai sehingga terkesan mengabaikan Revolusi Industri 4.0.

Bukankah dampak dari Revolusi Industri 4.0 ini dapat dilihat melalui internet?
Benar, akses internet kini memang dapat ditemukan dengan mudah. Sayangnya fungsi internet saat ini lebih banyak dipergunakan untuk akses hiburan dan bermain game saja. Akibatnya banyak generasi muda Indonesia yang terlena hingga lupa mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan di masa depan.

Dengan kondisi yang seperti ini, memberikan peringatan saja tak akan efektif, karena itulah memberikan contoh langsung adalah jalan terbaik yang bisa kita lakukan.
Caranya?
Baca terus sampai habis ya

Cara Asyik Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Menurut beberapa pengamatan Ada 7 profesi yang diprediksi bertahan di era revolusi industri 4.0, yaitu : Industri Kreatif, IT, Profesional, Manager, Pelayanan Kesehatan, Pendidikan dan Jasa Konstruksi. Setiap orang tentu bebas untuk memilih yang mana saja, namun khusus di artikel ini aku akan berfokus pada Industri Kreatif saja ya.

Kenapa?
Karena menurutku potensi di Industri Kreatif itu sangat melimpah.

Masa sih?
Percaya deh dalam Industri Kreatif Kamu bisa membuat apa saja menjadi sumber penghasilan, termasuk hobi. Eits… kamu tidak salah baca ya Sob, hobi yang kamu sukai itu benar-benar bisa dijual dan dijadikan sumber penghasilan.

serius..?
Oke, biar lebih jelas aku langsung contohkan saja ya. Misalkan hobi kamu itu adalah membaca novel, nah dari cerita novel yang sudah dibaca itu kemudia dibuat reviewnya dan dibagikan melalui internet. Jika konsisten dan tulisan review kamu mampu menarik minat pembaca bukan tidak mungkin jika akan banyak datang tawaran kerjasama maupun bisnis kepadamu, percaya deh ada banyak orang yang sudah membuktikannya.

Tapi bagaimana kalau hobiku Cuma berbicara saja?
Hohoho… berarti Sobat belum pernah menyaksikan konten ‘youtube’ milik ‘Pak Ndul’ ya..?

Jika Sobat sudah menonton video Pak Ndul, kamu tentunya akan makin percaya dong kalau apapun hobi yang kita miliki itu dapat digunakan sebagai modal untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Bermodal Narsis, Kreatif dan Menyenangkan

Jika melihat tren kesukaan masyarakat Indonesia yang saat ini jenuh dengan tayangan ‘mainstream’ di televisi dan beralih ke internet maka potensi untuk menjalankan Industri Kreatif memanfaatkan Internet menjadi pilihan tepat.

Sobat bisa memanfaatkan Gaya Narsis dan kreatif untuk memikat orang membeli produk yang dijual. Misalkan saat ini kamu hobi memanjangkan jenggot, dan ingin menjual obat penumbuh jenggot maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah:

1. membuat video lucu mengenai pria yang berjenggot lebih disukai oleh wanita daripada yang tidak berjenggot.
2. Membuat meme lucu tentang berbagai keuntungan yang dimiliki pria berjenggot
Nah hebatnya lagi, sekalipun tidak memiliki produk yang dijual kamu masih tetap bisa menghasilkan pendapatan dari Hobi kamu tersebut.

Lalu darimana keuntungannya datang?
Dari Endorse,
Yang perlu kamu lakukan adalah konsisten mengupload karya yang kreatif, narsis dan menyenangkan di media sosial. Contoh terbaiknya seperti video Bocah Ngapak.

Tampil Profesional Untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0

Nggak bisa dipungkiri kalau Instagram dan Youtube adalah 2 sosial media yang paling digemari masyarakat Indonesia saat ini, karenanya tak perlu heran jika kemudian dua platform tersebut dijadikan sebagai lahan utama untuk berbisnis online.
Memang tak ada yang salah dengan hal itu, Tapi jika kamu ingin terlihat lebih profesional di Industri kreatif maupun saat berbisnis online maka memiliki blog atau website dengan Top Level Domain adalah pilihan terbaik.

Mengapa memilihi Niagahoster?

Hadir menjadi produk lokal yang berkualitas, Niagahoster memiliki berbagai macam pilihan paket web hosting terbaik yang bisa digunakan oleh siapa saja. Tidak hanya para profesional, pengguna awam pun dapat menggunakan layanan kami dengan mudah. Silahkan klik disini untuk melihat detailnya.

Sebagai penyedia Hosting Terbaik Niagahoster memiliki paket hosting server yang cocok untuk target pengunjung Indonesia.
Memang kelebihannya apa?
Dengan memilih layanan hosting dengan server lokal, maka akses pengunjung ke blog kamu akan lebih cepat. Tak perlu khawatir dengan kualitasnya karena saat ini Niagahoster menggunakan Green Data Center Tier-4 DCI Indonesia berstandar internasional. Data center yang digunakan merupakan bagian dari Equinix, penyedia data center berkualitas tinggi terbaik di dunia dengan jaminan uptime hingga 99,999%.

 

Berkualitas tak mesti mahal, hal itulah yang ditunjukkan oleh niagahoster, tak hanya memberikan penawaran paket hosting yang murah Niagahoster juga rajin memberikan diskon. Tak tanggung- tanggung diskon sampai 75% bisa kamu dapatkan. Segera kunjungi www.niagahoster.co.id sekarang juga untuk mendapatkan diskonnya.

Mari jadikan 2019 sebagai awal kebangkitan Indonesia. Mari buktikan kalau di Era Revolusi Industri 4.0. ini apapun bidang usaha yang kita geluti mampu menghasilkan kesuksesan.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Salam blogger dan salam HOKI

Iklan

10 tanggapan untuk “Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 dengan Kreatif, Narsis dan Menyenangkan

  1. Waow full kreatif, solus menghadpi revolusi industri 4.0 pun dengan cara kreatif, sip pokonya. Sukses selalu Sob

    1. tengkiu…., salam sukses untuk Sobat juga yaa

  2. bener apa yang sampeyan bilang, kebanyakan anak muda ditempat saya juga lebih suka memanfaatkan internet hanya untuk sekedar bermain game saja. padahal ada manfaat lain yang bisa diperoleh juga. salam perubahan untuk generasi Indonesia baru

    1. nah itulah Sob, karena itu mari kita mulai dengan mencontohkan langsung agar mereka mulai bergerak. semangat semangat…!

  3. berarti selama ini gua mikir kejauhan, tak pikir buat blog atau website itu butuh puluhan juta, tapi setelah mampir disini jadi tau. ternyata oh ternyata….

    1. hahaha… emang sering kejadian seperti itu loh, apa yang dipikirkan nggak sesuai dengan fakta.
      emang sih ada juga yang butuh dana puluhan juta, tapi itu kalo yang mainnya website gede

  4. kok aku ngerasa seperti film terminator ya, pas robot hampir menggantikan manusia. hi serem banget ya,
    baiklah aku akan mulai bersiap menghadapi Revolusi Industri 4.0

  5. baca tulisan ini jadi versi komik, asik juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close