Jangan Liburan ke Pangkal Pinang..! BAHAYA!

1

Berbatasan dengan Laut Natuna di utara dan Selat Karimata di timur membuat Pangkal Pinang punya letak yang strategis. Wajar jika kemudian istilah “Pintu Gerbang” menuju kepulauan Bangka Belitung disematkan padanya.

Tapi tahukah Sobat kalau pulau ini ternyata punya kemampuan untuk mengubah siapa saja yang berkunjung menjadi ‘Galau’ tak karuan jika tidak punya persiapan yang mantap?

2

bukan….

bukan karena ada daya mistik atau semacamnya yang membuat orang galau 😀 tapi karena Pesona eksotis Pangkal pinanglah yang menjadi penyebabnya. Ya.. Apa yang dimiliki oleh Kota ini begitu unik dan sulit ditemukan di tempat lain. Trust Me!

Masa sih…?

Sobat boleh tidak percaya, tapi fakta dilapangan telah membuktikannya. lihat saja bukan hanya turis lokal saja, turis dari mancanegara pun seakan tersihir untuk datang ke ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

Lalu sebenarnya Apa saja sih Pesona yang ditawarkan Pangkal Pinang ini?

Ada banyak sekali Sobat, berikut aku berikan gambaran beberapa diantaranya :

`1- Wisata sejarah ke Museum Timah Indonesia

“Museum…? Masa sih Pesona Pangkal Pinang itu Museum…?”

Mungkin itu yang terlintas di benak Sobat J hehehe.

Wajar bila Sobat bertanya seperti itu karena hampir setiap daerah punya Museum, jadi kesannya kalau berkunjung ke Museum itu sudah tidak terlalu ‘wah’ lagi.

Tapi percayalah Sob, kalau museum ini beda dengan yang lainnya,

Kenapa?

Ada 2 alasannya.

Pertama Karena Museum Timah yang ada di Pangkal Pinang ini adalah satu – satunya di Asia. Kedua karena di museum inilah dulu perundingan dan diplomasi Antara Wakil pemerintah RI dengan utusan Komisi Tiga Negara (KTN) serta utusan Belanda dilangsungkan.

Wow…

selfie-depan-2

sumber gambar

“Perlu untuk diketahui kalau kualitas timah yang berasal dari pulau Bangka termasuk yang terbaik di dunia, jadi dijamin ada banyak sekali informasi serta Manfaat yang Sobat bisa dapatkan.”

Museum Timah Indonesia atau bisa disebut juga ‘House Hill” menyajikan informasi lengkap mengenai sejarah penambangan timah di Indonesia sejak zaman kolonial hingga era modern. Di museum ini pula Sobat bisa menemukan berbagai koleksi peninggalan sejarah seperti : Peralatan tambang zaman dahulu hingga saat ini, Sejarah eksplorasi bijih timah, Manuskrip awal penulisan sejarah Bangka, Produk-produk kerajinan berbahan timah hingga yang paling menarik menyaksikan sendiri proses pembuatan kerajinan dari bahan timah.

Hebatnya lagi untuk memudahkan pengunjung memahami sejarahnya pihak museum sengaja membuat berbagai macam diorama atau patung model untuk menggambarkan situasi ‘Real’ saat itu.

pesona-diorama

sumber gambar

Bagaimana…? Keren kan….?

Selain punya fungsi membantu menjelaskan, diorama di museum ini juga sangat cocok untuk dijadikan objek selfie 🙂

Nah… untuk Sobat yang gemar ‘Hunting’ Foto tidak perlu khawatir, karena ada banyak ‘Spot’ keren yang bisa digunakan untuk ‘background’ foto di sekitaran Museum.

Lokasi foto pertama tentu saja berada di halaman depan museum. Walaupun tidak ada aturan tertulis tapi percayalah berfoto dengan latar belakang lokomotif tua berwarna hitam itu adalah sebuah keharusan bagi pengunjung, jadi pastikan Sobat berfoto di ‘landmark’ ini agar tidak Galau 😀

selfie-depan

sumber gambar

Lukisan penambangan timah zaman kolonial adalah lokasi favorit foto selanjutnya.

kenapa?

Karena Lukisan yang letaknya di bagian tengah museum ini ukurannya besar dan di dukung oleh pencahayaan serta ruangan yang luas, sehingga kita yang berfoto di depannya seolah menyatu dengan gambar. menarik bukan 😀

selfie-di-dalem

sumber gambar

Bagaimana Sobat? setelah mengetahui berbagai kelebihan tentang Museum ini Aku yakin keinginan Sobat untuk berkunjung semakin besar kan…? 😀 Museum Timah Indonesia yang didirikan pada tahun 1958 ini sangat mudah untuk ditemukan karena letaknya yang dekat pusat kota, tepatnya di Jalan Ahmad Yani no 179 Pangkal Pinang .

oh iya jika ingin kemari pastikan terlebih dahulu kalau waktu berkunjungnya tepat ya, sebab saat libur nasional Museum ini tutup. Berikut ini adalah jadwal Operasional museum Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 dan SabtuMinggu pukul 09.00-14.30.

jangan sampai salah ya… 😀

`2- Wisata Agro & Hortikultura di Bangka Botanical Garden

Kandungan timah yang ada di Kepulauan Bangka memang sangat – sangat banyak, karenanya tak heran jika ada berbagai macam perusahaan milik pemerintah atau swasta yang melakukan kegiatan pertambangan di sekitar Pangkal Pinang.

bangka-botanical-garden-intro

sumber gambar

Hukum sebab akibat pun berlaku…

Di satu sisi ada banyak keuntungan yang diperoleh dari pertambangan timah, namun di sisi lain kerusakan alam pun tak kalah banyaknya. Pulau Bangka yang tadinya hijau dan rimbun berubah menjadi ‘bopeng’ dan tak lagi subur. Semua akibat pertambangan timah dan penggunaan zat – zat kimia.

Beruntung di tahun 2007 , Salah satu perusahaan swasta punya inisiatif untuk mengubah lahan terlantar menjadi sebuah kawasan yang hidup dan bisa dimanfaatkan sebagai bentuk program tanggung jawab sosial perusahaan.

dan “BERHASIL!”

Pelan namun pasti, proyek itu mampu mengembalikan tanah yang rusak menjadi subur. Berbagai jenis tanaman Hortikultura, Tambak ikan serta peternakan sapi pun kini bisa ditemukan di atas tanah bekas galian tambang timah itu.

Bangka Botanical Garden, adalah nama tempat yang pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru itu.

Kamera adalah peralatan wajib yang harus Sobat bawa ke tempat ini, sebab pesona alam yang ditawarkan tempat ini begitu eksotis (bahkan banyak pula yang menyebut pemandangan di BBG mirip dengan yang ditampilkan di film-film Korea) 😀 😀 😀

gambar-pemandangan-bak-film

sumber gambar

Selain berfoto masih ada banyak hal menarik yang bisa Sobat temukan di kawasan seluas 300 hektar ini. Mulai dari mengenal beraneka jenis tanaman Hortikultura (sayur dan buah) yang tumbuh subur ditempat ini, memancing ikan di kolam-kolam besar yang dipenuhi dengan ikan layak konsumsi hingga berinteraksi langsung dengan berbagai hewan peternakan seperti ayam, Sapi, kambing, kalkun dll.

gambar-hewan

sumber gambar

Di BBG ini terdapat peternakan Sapi yang sangat besar, uniknya di tempat ini kita tidak hanya dapat mengenal berbagai jenis sapi, jika mau Sobat juga bisa ikut berpartisipasi langsung memerah susu sapi. bagaimana? Sobat tertarik untuk mencoba? makanya Ayo buruan datang ke Pangkal Pinang! 🙂

Berbagai kelebihan inilah yang kemudian membuat Bangka Botanical Garden ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Letak tempat ini tidak terlalu jauh dari Museum Timah.

`3- Segarkan hari di Pantai Pasir Padi

Jika sebelumnya Sobat sudah berwisata sejarah di Museum timah Indonesia dan wisata agroholtikultura di Bangka Botanical Garden maka sekarang saatnya untuk menyegarkan diri di pantai favorit Pangkal Pinang, Pantai Pasir Padi.

Sebagaimana namanya, pantai yang letaknya di desa Air Itam diberi nama Pasir Padi karena ukuran pasirnya yang besar dan panjang mirip dengan bulir padi. Tidak hanya itu hamparan pasir putihnya yang halus nan bersih semakin membuat pantai ini mirip dengan hamparan bulir padi.

pantai-pasir-padi

sumber gambar

Perlu Sobat ketahui, tekstur pasir di pantai Pasir Padi ini lebih padat dibandingkan pantai lainnya di Indonesia, hal ini disebabkan oleh adanya kandungan pasir timah yang berada di bawah pasir pantai. Melakukan olahraga ringan seperti bermain bola dan bersepeda menjadi kegiatan asyik yang bisa Sobat coba lakukan disini 😀 😀

Selain memiliki air laut yang bening dan kebiru-biruan, tepian pantai Pasir Padi ini seperti dihiasi oleh bebatuan dan karang yang menawan karenanya tak heran jika pantai ini sering dijadikan sebagai tempat pameran, konser musik atau upacara ritual Peh Chun oleh etnis tionghoa di Bangka Belitung.

lalu bagaimana dengan konsumsi dan tempat penginapan?

Sobat tidak perlu khawatir dengan hal seperti itu, karena pantai Pasir Padi ini punya banyak warung tradisional, restoran ‘Sea Food’ dan Hotel. Tak ketinggalan fasilitas umum seperti Musholla dan Toilet pun bisa ditemukan dengan mudah, Pokoknya pantai ini paham benar dengan apa yang Sobat butuhkan 🙂

Lalu bagaimana cara ke Pantai Pasir Padi?

Cukup mudah menuju pantai ini, karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota (kurang lebih sekitar 7 km) jadi Sobat bisa menjadikannya satu paket perjalanan bersama dengan wisata Museum Timah Indonesia dan wisata Bangka Botanical Garden. menarik bukan 😀 😀

Nah.. Sekarang Sobat mengerti kan, kenapa wisata ke Pangkal Pinang ini berbahaya? 😀

Oleh karena itu pastikan sebelum berkunjung kesana Sobat sudah menyiapkan banyak ruang penyimpanan untuk mengabadikan momen-momen seru.

oh iya hampir lupa, saat berlibur kesana pastikan juga Sobat menyempatkan diri untuk mencoba berbagai makanan khas Pangkal Pinang seperti Kemplang, Empek-empek, Lakso, Pantiaw dan Kritcu.

kenapa….?

Agar Sobat tidak galau dan penasaran 😀 😀 😀

Salam Travel dan Salam Blogger

Sumber artikel dan gambar
dok. Pribadi
http://bangkatour.com
https://web.facebook.com/budi.rahmad.39
grandevi.blog.surya.ac.id
http://oldlook.indonesia.
https://chris13jkt.wordpress.com/
http://pesonawisataindonesia.com/pesona-wisata-pangkalpinang/

Iklan

14 Comments Add yours

  1. pujiasni berkata:

    keindahan kepulauan bangka emang udah nggak diragukan lagi, jatuh cinta dengan banyak tepat disana semenjak nonton laskar pelangi

    1. ladanghoki berkata:

      Wah… berarti kita sama dong (jodoh nih) 😀 😀 😀

  2. Slowy Indah berkata:

    duh… nggak nyangka, ternyata efek dibalik pertambangan timah bisa seperti itu ya… semoga deh perusahaan2 tambang disana semakin sadar dan punya inisiatif tuk memperbaiki alam di pulau Bangka amin….

    1. ladanghoki berkata:

      iya smoga semakin bnayak yang sadar, amin amin amin

  3. umar gagah berkata:

    jujur ini pertama kalinya Gue denger tentang Musium Timah, Ajib banget dah tu pulau Bangka. Nais share Gan

    1. ladanghoki berkata:

      asek.. asek… tengkiu udah mampir Gan

  4. Sohib ardy berkata:

    wah.. kayaknya bakalan seru nih kalo ngajak adik-adik dan family ke BBG, tapi… sayangnya jauh banged

    1. ladanghoki berkata:

      pasti seru Sob kalau bareng keluarga karena fasilitas edukasinya yang komplit Abis, Optimis aja Sob pasti nanti ada jalan

  5. Dody Chubby berkata:

    Museum Timah, Bangka Botanical k Garden, Pantai Pasir Padi plus makanan-makanannya udah lebih dari cukup tuk buat Ane pengen kesana. Nabung nabung….! pokoknya harus bisa kesana amin.. amin..

    1. ladanghoki berkata:

      😀 😀 😀 😀 😀

  6. dodi kurniawan berkata:

    sial…! judulnya nipu nih wkwkwkw

    1. ladanghoki berkata:

      jiahahahaha masa sih? 😀 😀 😀

  7. Agus KA berkata:

    hadeuh… ke Bali aja belum, sekarang ada Bangka lagi, Indonesia emang kerrreeennnnn!!!!

    1. ladanghoki berkata:

      Sepakat Sob, Indonesia itu emang SUPER DUPER KEREEEN!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s