Sabang, Destinasi Pariwisata Aceh yang Berbahaya!

KOMIK-1-APLOD

Memangnya ada apa sih di Sabang…? Kok sampai ketakutan begitu…?

Asal Ente tau Sob, Sabang itu adalah tempat yang benar-benar berbahaya bagi wisatawan, apalagi untuk orang seperti kita yang tempat tinggalnya jauh.

Hah…! Ini Serius…?!

Serius lah Sob! Sebulan yang lalu paman Ane pulang dari sana, dan sesampainya dirumah keadaannya jadi nggak karuan.

Glek….

memang sih secara kasat mata keliatannya biasa aja, tapi begitu dia teringat dengan Sabang ekspresinya langsung berubah frustasi dan Galau.

alasan-berbahaya-aplod

Jadi galaunya paman Ente itu karena gagal Selfie di pantai Iboih?

Yups.., makanya sampai sekarang setiap dengar kata Sabang Obsesinya untuk foto-foto di Sabang langsung muncul

*tepok jidat

Yaelah dikirain kenapa, eh taunya gitu doang 😀

Eits.. jangan salah loh Sob, kata paman Ane keindahan bahari Sabang itu sangat sulit untuk di ungkapkan dengan kata – kata. Karenanya bakalan rugi banget kalo kita kesana nggak mengabadikannya.

 Hmm…, jadi penasaran.

Memangnya sehebat apa sih keindahan Sabang itu….? ceritain Ane dong

Yakin…. Mau denger?

*ngangguk

Ane saranin mending nggak usah deh,

Soalnya begitu tau Kehebatan pulau di ujung Indonesia ini, Ente pasti jadi ngebet banget pengen kesana.

Udah.. ah ayo buruan ceritain !

Oke, biar lebih simple Ane jelasin Kehebatan Sabang ini pakai point-point aja ya

Sip…

Point 1 : Letak Geografis Sabang yang Amazing

jadi Sabang itu adalah nama kota yang berada dalam pulau bernama “Weh”, nah posisi pulau Weh ini sendiri berada di bagian paling ujung Indonesia, nih penampakannya

LETAK-SABANG

Dari Segi Geografis letak Sabang ini strategis banget loh Sob, sebab kawasan ini dikelilingi oleh Samudera Hindia dan Selat Malaka. dari tempat ini pula Titik “0 Kilometer” Indonesia dimulai.

Titik 0 kilometer….? Apa itu…?

Titik “0 Kilometer” itu adalah sebuah monument setinggi 22,5 meter dengan bentuk bundar, di puncak bangunan ini berdiri gagah burung garuda yang menggenggam angka nol bersama prasasti marmer hitam yang menjadi pertanda awal wilayah Indonesia.

tugu-nol-km-Sabang
monument “0 Kilometer Indonesia” di sabang sumber : sabangmarine.com

Wow….

Uniknya walaupun monument ini dibangun sebagai penunjuk titik 0 kilometer Indonesia tempat ini bukan kawasan paling ujung Indonesia, karena masih ada pulau Lhee Blah yang berdiri di sisi paling Barat Indonesia.

Hahaha unik ya…

Eits.. tapi Nggak Cuma itu Sob,

Monumen yang serupa dengan " 0 Kilometer Indonesia" di Merauke
Monumen yang serupa dengan ” 0 Kilometer Indonesia” di Merauke sumber : sabangmarine.com

ada Alasan lain kenapa kita nggak boleh melewatkan Berfoto di monument ini, karena selain punya nilai geografis (Sobat nanti akan diberikan sertifikat bukti sudah pernah berada di titik 0 Kilometer hanya dengan mengganti biaya cetaknya saja) monument seperti ini hanya ada 2 di Indonesia, yait satu di ujung barat tepatnya di Sabang dan satunya lagi berada di ujung Barat Indonesia, Merauke.

Wow…

Point 2 : Sabang Kaya akan Pantai Surga

PANTAI

Pernahkah Sobat melihat perahu tampak melayang…?
Pernahkah Sobat melihat kilauan air pantai yang begitu bersih dan jernih….?
Atau pernahkah Sobat berjalan menyusuri pantai yang keindahannya seperti Surga?

Belum…?

Oke, Jika belum maka segeralah datang ke Sabang. Karena pengalaman keren seperti itu bisa Sobat dapatkan di pantai – pantai ini

pantai Iboih Sumber : pedomanwisata.com
pantai Iboih Sumber : pedomanwisata.com

Pantai Iboih

Disinilah tempatnya Sobat bisa menyaksikan bagaimana perahu kayu Nampak melayang dalam diamnya.

Diangkat…?

Bukan karena diangkat…, melainkan karena jernihnya pantai Iboih yang dangkal, tenang dan alami.

Ooh..

Airnya yang jernih memantulkan pesona rupa bebatuan didalamnya seakan mengucapkan “salam kedamaian” bagi siapapun yang melihatnya.

Dikelilingi oleh hutan lindung hijau dibalut dengan pasir pantai berwarna keemasan membuat yang datang ke tempat ini luluh dan tak ingin beranjak pulang. Sungguh sebuah tempat yang penuh pesona dan memancarkan kedamaian.

Belum pergi ke Sabang rasanya jika Sobat belum mengunjungi pantai ini, jadi masukkan Pantai Iboih sebagai tujuan destinasi wisata utama ya.

Pantai gapang sumber : webtempatwisata.com
Pantai gapang sumber : webtempatwisata.com

Pantai Gapang

Layaknya pantai – pantai lainnya di kota Sabang yang diberi nama menurut keadaan alamnya, nama pantai Gapang ini sendiri berasal dari nama pohon yang banyak tumbuh di sekitar pantai ini, yaitu pohon Gapang.

Hamparan pasir putih bertekstur lembut langsung menyapa Sobat ketika memasuki pantai ini, hamparan pantainya yang lebih panjang dibandingkan pantai lainnya membuat tempat ini lebih luas sehingga sangat direkomendasikan untuk berwisata bareng anggota keluarga lainnya.

Jernihnya air pantai serta heningnya sekitar membuat Sobat bakalan betah berlama-lama di pantai ini. Ah… ini adalah tempat terbaik untuk liburan keluarga.

Hanya dibutuhkan satu jam untuk mencapai pantai ini dari pelabuhan penyebangan Balohan.

Pantai Anoi Itam sumber : pergidulu.com
Pantai Anoi Itam sumber : pergidulu.com

Pantai Anoi Itam

Pantai pasir putih mungkin sudah sering ya kita dengar, tapi bagaimana dengan pantai pasir hitam….?

Lah bukannya itu juga udah mainstream banget?

Eits…. tapi hitamnya pasir di pantai ini bukan sekedar hitam biasa, karena pasir di Pantai Anoi Itam ini diperkirakan berasal dari gunung merapi yang masih aktif di Pulau Weh, jadinya nggak heran kalau berat pasir disini 3 kali lipat dibandingkan di tempat lain.

Lalu apa menariknya tempat ini?

Pantai ini dikelilingi oleh bukit yang dominan berwarna hijau, kemudian air lautnya yang jernih berwarna biru dikombinasikan dengan warna pasir yang agak kehitaman…..

Hohoho coba bayangkan sendiri sob bagaimana sensasi nyaman dan tenang yang di tawarkan pantai ini J

Pantai ini recommended banget untuk Sobat yang ingin mencari ketenangan atau inspirasi

Pantai Sumur Tiga sumber: disbudpar.acehprov.go.id
Pantai Sumur Tiga sumber: disbudpar.acehprov.go.id

Pantai Sumur Tiga

Diberikan Nama Sumur Tiga karena di pantai ini terdapat 3 buah sumur air tawar.

Hawai cita rasa Indonesia,

yaa.. mungkin itu lah yang cocok untuk menggambarkan keindahan pantai ini. dengan hamparan pasir putih serta jejeran pohon kelapa yang tampak bergoyang membuat siapa saja yang berada di sana menjadi rileks dan tentram.

Belum lagi tampilan indah gradasi warna hijau hingga biru air laut yang memanjakan mata, Oh… benar-benar tampak layaknya lukisan indah sang Maha Kuasa.

Wajib hukumnya untuk ketempat ini, karena hanya dibutuhkan 15 menit perjalanan dari kota Sabang.

Point 3 : Keindahan Bawah Laut Sabang yang diluar Batas

Nggak ada kata – kata atau bahkan kalimat yang pas untuk menggambarkan keindahan bawah laut yang ditawarkan di Sabang selain “Luar Biasa”

ah lebay ente Sob, masa sampai segitunya…?

Serius Sobat, pemandangan bawah laut Sabang ini telah terdengar hingga mancanegara loh, bahkan banyak dari penyelam professional yang sengaja datang ke Indonesia hanya untuk mengunjungi Sabang ini.

Oh ya…? keren banget dong kalau begitu

Yups.. pastinya, nih buktinya

keindahan bawah laut Sabang sumber: iloveaceh.org
keindahan bawah laut Sabang sumber: iloveaceh.org

Salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan laut Sabang ini adalah pantai Iboih, pantai berkarang ini memang benar-benar seperti taman firdaus, sebab selain indah di atas pantai ini pun memberikan keindahan yang tiada banding di bawahnya.

Wow…..

Taman bawah laut Iboih ini telah memikat banyak wisatawan asing untuk berkungjung, bagaimana tidak tertarik? Berada dalam taman ini seperti berada dalam akuarium alam yang super megah.

Sungguh tak henti-hentinya kita akan memuji kehebatan yang maha kuasa, Sang arsitek dibalik keindahan surga laut ini.

Subhanallah…..

keindahan bawah laut Sabang sumber : pulauwehtravelguide.com
keindahan bawah laut Sabang sumber : pulauwehtravelguide.com

Astaga………

Ternyata pesona Bahari Sabang bisa sekeren itu ya….? pantes aja paman Ente jadi galau seperti itu, bener-bener rugi kalo kita nggak bisa mengabadikan momen disana

Nah.. kan sekarang Ente ngerti kenapa Ane bilang Sabang itu Destinasi Wisata yang Berbahaya 😀 😀

Iya….

Tapi tau nggak Sob, pesona wisata Sabang itu ternyata nggak Cuma di sektor Bahari doang loh, di sektor selain pun banyak wisatawan mengacungkan jempol untuk kualitasnya.

Serius…?

Seriuslah.. ini buktinya

Point 4 : Sabang Menawarkan Keindahan Sekaligus wisata Sejarah

Sabang pernah dikenal sebagai “Kolen Station” (di beri nama oleh Kolonial Belanda) sebuah kota kota pelabuhan penting yang bahkan mengalahkan Singapura sebelum perang Dunia ke II, karenanya tak heran jika setelah perang daerah ini kemudian menjadi rebutan oleh pihak yang berkuasa saat itu.

bunker jepang sumber : atjehpost.com
bunker jepang sumber : atjehpost.com

Banyaknya bunker – bunker peninggalan jepang dan belanda yang tersebar di berbagai tempat di Sabang menjadi bukti dari popularitas tempat ini dimasa lalu.

Nah.., buat Sobat yang hobi Selfie mengunjungi bunker-bunker tersebut adalah pilihan tepat.

Kenapa…?

Selain bisa berfoto dengan meriam dan bangunan kuno Sobat bisa menemukan banyak view keren disana, Karena umumnya posisi bunker itu cukup tinggi dan sangat strategis.

Coba deh pikirin, kapan lagi kita bisa berwisata menikmati keindahan sambil menikmat

Point 5 : Sabang Menawarkan Berbagai Hidangan Kuliner yang Antimainstream

MAKANAN

Pulau Weh mungkin adalah pulau yang kecil, tapi siapa sangka kalau penduduknya sangat beragam seperti Aceh, Jawa, Cina, Batak, Padang, Nias dll. Hal itu pula yang membuat makanan yang ada di Sabang menjadi beragam pula.

So jangan mengaku pernah ke Sabang kalau Sobat belum pernah mencoba makanan ini 😀

Sate gurita sumber : sabangmarine.com
Sate gurita sumber : sabangmarine.com

Sate Gurita

Sate ayam, sate sapi atau sate ikan mungkin sudah biasa Sobat dengar dan rasakan, tapi bagaimana dengan Sate gurita….?

Belum pernah coba kan?! 😀

Sate ini dibuat dari kaki gurita, memang sih gurita akan menjadi kenyal bila dimasak atau dibakar, tapi yakin deh sate gurita di Sabang itu sangat empuk dan kaya akan rasa.

Kenapa..?

Karena ada bumbu rempah rahasia yang dicampurkan sebelumnya 😀

Ada berbagai macam bumbu yang bisa Sobat pilih, mulai dari bumbu mainstream sate yaitu bumbu kacang atau bumbu padang yang agak pedas. Semuanya terserah Ente sob.

Hmm… yummy

Mie Kocok sumber : sabangmarine.com
Mie Kocok sumber : sabangmarine.com

Mie Kocok

Buat Sobat yang doyan banget dengan Mie, hukumnya wajib untuk mencoba Mie Kocok ala Sabang ini.

Mie yang direbus dalam air kaldu kemudian dicampur dengan bumbu rempah-rempah serta tauge dan bakso ini dijamin akan membuat Sobat ketagihan.

Kenapa..?

Sebab mie yang hanya bisa ditemukan di Sabang ini di rendam dalam kaldu bening yang bumbunya penuh citarasa khas Sabang.

Wajib dicoba!

Slruup…..
ekhm.. sebenarnya masih ada banyak lagi jenis masakan enak bin lezat khas Sabang, tapi sengaja nggak Ane tampilin biar Sobat semakin penasaran hehehehe…

jadi ntar Sobat Cek langsung ke Sabang aja ya 😀 😀

Arrrggh…. Ane jadi pengen secepatnya ke Sabang!

Tuh..kan apa Ane bilang, Setelah dengan penjelasan Ane sekarang Ente jadi tambah ngebet jadi pengen pergi ke Sabang 😀

Hehehe… Iya bener, Sabang memang punya banyak banget daya tarik, rugi banget kalo nggak mampir ke sini.

btw tau nggak Sob, kapan waktu yang tepat untuk pergi ke Sabang?

Sebenarnya kapan pun aja sih baik, tapi Waktu terbaik untuk pergi ke Sabang itu adalah tanggal 26 sampai dengan 30 april 2016 ini.

Kenapa…?

Karena di saat itulah Sabang Marine Festival 2016 dilangsungkan

Mari-Rayakan-Sabang-Marine-Festival-2016-Lewat-Tulisan-1024x

Hah..? Sabang Marine Festival 2016 itu apa…?

Itu adalah even internasional yang diselenggarakan oleh Disbudpar Aceh untuk mengenalkan berbagai keindahan bahari yang dimiliki oleh Sabang. Banyak wisatawan mancanegara yang mengikuti even ini, karena nggak heran kalau di pelabuhan nanti sobat akan melihat banyak sekali yacht, perahu, hingga kapal pesiar mewah berseliweran.

 

Wow…. Ane pengen kesana…!

Hehehe…jangankan Ente, Ane juga pengen kesana, tapi apa daya, tabungan belum cukup.

Tenang Sob, kemarin Saudara Ane yang disana ngirimin 2 tiket pesawat, jadi Ente bisa pergi bareng Ane.

Serius…?!

Iya Serius..! 😀

Woow… kalo begitu tunggu apa lagi, Ayooo Berangkaaat!

Yooo…..Sh!

~*~

Sumber referensi artikel dan gambar

http://disbudpar.acehprov.go.id/
http://sabangmarine.com/site.php
http://www.pulauwehtravelguide.com/
http://www.pedomanwisata.com
http://www.webtempatwisata.com
http://www.disbudpar.acehprov.go.id
http://www.iloveaceh.org
http://www.pulauwehtravelguide.com
http://www.atjehpost.com
pergidulu dot com
foodsist Potography
dokumen pribadi

 

Iklan

27 Comments Add yours

  1. Avant Garde berkata:

    kocak mas 😀 keren … semoga menang yah

    1. ladanghoki berkata:

      hahaha.. tengkiu mas Bhro
      salam sukses juga untuk Ente ya

  2. Avant Garde berkata:

    layak juara ini mas haha…

  3. Yuk Jalan berkata:

    keren euy….keren cara review.a

    1. ladanghoki berkata:

      asek asek…. 😀 😀
      tengkiu udah mampir Sob 😀

  4. Amron Hadi berkata:

    wow.. unik nih cara reviewnya,
    semoga bisa jadi juara utama ya

    1. ladanghoki berkata:

      amin… amin….. semoga beneran 🙂
      tengkiu doanya bhro

  5. indra hermawan berkata:

    Sial! tak kirain berbahaya kenapa eh taunya malah promosi hahaha. good job lah kawan

    1. ladanghoki berkata:

      kan sekarang udah jamannya promosi pake gaya antimainstream Sob 😀
      tengkiu udah mampir ya

  6. akbar zion berkata:

    Sesat!
    sumpah, Gw ketipu wkwkwkwkw

    1. ladanghoki berkata:

      hahaha…
      tapi kan nipu yang niatnya baik Sob 😀
      tengkiu udah mampir 🙂

  7. andyhardiyanti berkata:

    ya ya ya..jadi karena lupa selfie-an yakk 😀

    1. ladanghoki berkata:

      bener sist, sekarang baru tau kan kalo efek samping gagal selfie itu bisa bikin galau berkepanjangan 😀 😀 😀

      tengkiu udah mampir ya Sist 🙂

  8. Amir berkata:

    Indah banget pantainya Bro, kapan kapan kalau ada kesempatan pengen main ke Sabang, amin

    1. ladanghoki berkata:

      amin.. smoga bisa kesana,
      asli ane takjub banget dengan keindahan Sabang, ditambah dengan sate guritanya hmmm…. yummy
      arrgh.. semoga beneran bisa kesana. amin

      1. Ramajuanda berkata:

        Ayo makanya main di kampung ane, biar ane tunjukin spot bule bule “ngejemur” 😄

      2. ladanghoki berkata:

        Ah… kalo sama Ente mah Ane ragu, paling yang ditunjukin Bule cowok yang lagi ngejemur. *takuttt

  9. -endah- berkata:

    Kereenn!!
    Selamat yaa, jd pemenang 😉

    1. ladanghoki berkata:

      alhamdulillah…..
      thanks ya

  10. Avant Garde berkata:

    selamat ya mas jadi pemenang 😀

    1. ladanghoki berkata:

      alhamdulillah…
      doanya bhro Avant garde emang manjur 🙂
      tengkiu berat Bhrooo 😀

  11. Zulfan berkata:

    “Berbahaya” kalau ke Aceh gak ke Sabang karena punya daya tarik yang banyak
    Selamat mas, layak menang dan menang

    1. ladanghoki berkata:

      alhamdulillah…. 🙂
      tengkiu Sob

  12. Pertiwi Soraya berkata:

    Uuuuu…kereeennn….review n cara review nya juga. Selamat berhasil jadi juara ke dua ya…😁👍👍👍

    1. ladanghoki berkata:

      Alhamdulillah….
      terimakasih ya sist 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s