Air, Pure it dan Hidup Sehat

Manfaat-Airsumber gambar

Oky, seorang bocah kelas 6 SD duduk berteduh disebuah pohon pinggir jalan.
Disebelahnya tampak seorang pria paruh baya terbaring lemas. pakaian yang dikenakannya basah oleh keringat, nafasnya tersengal-sengal.
“ah.. beraktifitas  siang hari di bulan ramadhan seperti ini memang sangat menguras tenaga ya…?”
Ujarnya sembari tersenyum kepada Oky.

Oky memandangi sosok yang terbaring  itu dengan iba, Ia tahu benar apa penyebab kelelahannya.
Oky memang tidak menanyakannya langsung, tapi Dua jerigen besar penuh air yang tergantung di atas sepeda tua di depan mereka telah menjawab semuanya.

Seakan tak peduli jika pakaian yang dikenakannya menjadi kotor, Tubuh kurus yang terbaring diatas rerumputan tampak begitu tenang. Nafasnya kini telah kembali terdengar normal. Pria paruh baya itu akhirnya dapat menikmati keteduhan yang diberikan pohon peneduh.

“Paman masih kuat….?” Tanya Oki
Pria itu kembali tersenyum “Masih dong….., Oky mau pulang sekarang…?”
“nggak, paman Gogon istirahat aja dulu….”
“Oke…  deh kalau begitu….”

“Kenapa sih paman harus jauh-jauh mengambil air…? Bukannya dirumah kita punya sumur…?” tanya Oky penasaran
air sumur dirumah tidak bagus untuk dikonsumsi, karena mungkin sudah tercemar limbah”
“tapi kan air itu bisa dimasak, lagipula kata ibu guru kuman-kuman akan mati jika airnya dimasak dahulu” Tanya Oky lagi

“tidak semua kuman dalam air akan hilang, sekalipun sudah dimasak” jawab Paman Gogon, ia kini telah duduk disamping Oky.
“kalau Cuma satu atau dua kan nggak apa-apa om, yang penting bisa buat menghilangkan haus”
“hahaha…..” paman Gogon tertawa terbahak-bahak, “wah sepertinya Oky belum tau nih fungsi air yang sebenarnya”
“fungsi air yang bagaimana paman…?”
“Okeh paman jelasin ya”

Air adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita
Kenapa….?
Karena  Air merupakan komponen terbanyak di dalam tubuh manusia. Asal Oky tahu ya, Komponen Air di dalam tubuh manusia berbeda tergantung usianya. Untuk bayi komponen air dalam tubuhnya bisa mencapai sekitar 80 persen loh dan orang dewasa 60 persen. Sedangkan untuk orang lanjut usia jumlahnya kurang lebih 50 persen.

Meminum air juga bisa membuat kita terhindar dari berbagai penyakit seperti sakit kepala, sakit pinggang, kencing batu, lemas karena dehidrasi, kurang bisa konsentrasi atau gampang lupa, sembelit, infeksi saluran kemih dan mencegah alergi dengan menjaga selaput lendir, tenggorokan, hidung serta mata tetap lembab.

Satu fakta penting lainnya tentang air, “Kinerja otak manusia itu setiap harinya ditentukan oleh jumlah Air putih yang dikonsumsi.” Karena itu sangat dianjurkan untuk meminum 8 sampai 10 gelas sehari secara rutin  agara semua sistem yang ada di dalam tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Oky tertegun, Ia tak menyangka jika manfaat air sebegitu besar untuk kehidupan manusia.
“t.. trus  Syarat Air Minum yang Layak untuk Dikonsumsi itu apa paman…..?”

“Pertanyaan bagus” paman Gogon tampak senang mendengar pertanyaan kritis dari keponakannya itu.
ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar air dapat diminum oleh manusia,

Persyaratan  Fisik
Persyaratan fisik yang harus dipenuhi pada air minum yaitu harus jernih, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna.

Persyaratan Kimia
bahan air minum tidak boleh mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi serta logam berat  ataupun zat beracun seperti senyawa hidrokarbon dan detergen.
Kenapa…?
Karena zat tersebut sulit larut sehingga ditakutkan ketika sebagian dari zat itu tertimbun dalam tubuh akan dapat merusak fungsi berbagai organ penting seperti saluran cerna, hati dan ginjal.

Persyaratan Mikrobiologis
Syarat kualitas air minum dari aspek biologis dapat dilihat dari segi keberadaan bakteri indikator pencemaran air.

“Nah.. kenapa paman bilang sumur dirumah kita airnya tidak layak untuk dikonsumsi? selama ini Oky lihat airnya jernih dan tidak berbau kok?”

Paman Gogon mengangguk “benar, air sumur dirumah memang tidak berbau dan jernih. tapi paman takut ada faktor luar yang membuatnya menjadi berbahaya”
Apa itu…?
“paman dan ayahmu telah membuat kesalahan besar karena dahulu kami membuang limbah industry tidak pada tempatnya. Untuk simpelnya oky bisa lihat di gambar ini/
 
skema pencemaran air tana copy
“Lalu… apakah semuanya tidak bisa diperbaiki paman….?”
“Bisa, hanya saja butuh waktu yang lama untuk membersihkannya”

Oky terdiam
Paman Gogon memegang pundak Oky “maafkan Paman ya, paman janji mulai saat ini akan berusaha menjaga dan mengembalikan kebersihan air di lingkungan kita”
Oky mengangguk paham.

Abad 21 dan Permasalahannya
Abad 21, suatu masa dimana teknologi dan pertumbuhan manusia begitu cepat. Pembangunan terjadi dimana-mana, tak peduli sawah itu sawah, hutan, gunung atau bahkan lautan semua di eksplorasi oleh manusia untuk kelangsungan hidupnya.

Bagus memang, karena berkat itu roda ekonomi dan pembangunan bisa terlaksana.  namun ada harga yang harus dibayar untuk itu.  Salah satu yang utama dan paling penting yaitu adalah “Berkurangnya sumber air layak konsumsi”

Menjernihkan limbah rumah tangga dan industry sebelum di buang saluran pembuangan memang bukan hal yang mustahil, namun utuk mengharapkan Indonesia melakukannya dalam waktu rasanya masih sulit.

lalu setelah melihat kondisi lingkungan yang rusak dan sumber air yang tercemar, apakah kita masih yakin dengan kualitas air minum yang kita konsumsi setiap hari?  Jika tidak apa solusinya….?

Pure it, Solusi Masalah air sehat
Dizaman ini teknologi memang telah berkembang dengan pesat terutama untuk hal yang berkaitan dengan kelangsungan hidup manusia, seperti masalah air ini misalnya. Namun diantara banyaknya teknologi tersebut hanya sedikit yang dapat dijangkau oleh masyarakat.
Lalu apa solusinya….?

  home-new
Pure it dari Unilever adalah jawabannya
Apa itu pure it…?
Pure it adalah suatu alat pemurni air yang bekerja dengan teknologi canggih  bernama “Teknologi Germkill”. Melalui teknologi ini Pure it  secara praktis akan memurnikan air melalui 4-tahap  yang nantinya akan menghasilkan air yang benar-benar aman terlindungi sepenuhnya dari bakteri dan virus.

  • Tahap  1 Filter Sedimen, menghilangkan kotoran yang terlihat
  • Tahap  2 Filter Karbon Aktif, menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau
  • Tahap  3 Filter Sedimen Plus, menghilangkan partikel karbon dan kotoran lainnya
  • Tahap  4 Sinar UV Intensitas tinggi 11 Watt, menghilangkan parasit, virus dan bakteri berbahaya

Oke, air yang dihasilkan Pure it memang terbukti jernih, tapi apakah itu sudah menjamin kalau air itu sudah layak untuk dikonsumsi…?

Tentu saja Sobat, Pure it terbukti mampu menghasilkan air minum layak konsumsi sesuai persyaratan yang ditetapkan Departemen Kesehatan RI maupun ketentuan dari WHO.  Selain itu Pure it juga telah memenuhi kriteria ketat yang ditetapkan EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat serta telah teruji di sejumlah institusi ilmiah, seperti London School of Hygiene and Tropical Medicine, Scottish Parasite Diagnostic Laboratory Glasgow Inggris, maupun Unilever Laboratory.

Bahkan Pure It yang merupakan produk  Unilever ini telah sukses mencatat sejarah sebagai alat pemurni air dengan penjualan terbesar di dunia dan menjadi produk pemurni air minum paling populer di kalangan keluarga di seluruh dunia.
 farhanindianakpureit21

Selain teknologi, faktor pembeda yang menjadi keunggulan pure it dengan produk competitor lainnya adalah harga.

Jika biasanya kita menggunakan Air minum isi ulang atau kemasan bermerek dengan harga lebih dari Rp 5.000 sampai Rp. 10.000 per galon/liter, maka dengan Pure it kita bisa menekan pengeluaran untuk pembelian Air ini.
Kenapa…?
Itu Karena biaya yang di keluarkan untuk operasi Pure it hanya Rp.1.875/liter atau Rp 150.000 per 6 – 8 bulan (dengan asumsi penggunaan normal adalah 1500 liter).  Sedangkan jika menggunakan Air kemasan bermerek maka jumlah pengeluaran akan  lebih dari Rp 842.400 untuk 1500 liter.

sekarang terbukti kan kalau Pure it itu benar-benar solusi untuk kesehatan tubuh dan kantong 😀 .Nah tunggu apa lagi sobat?  Ayo segera miliki Pure it untuk menjamin konsumsi Air Sehat di rumahmu.

Tulisan ini disertakan dalam kompetisi blog yang diadakan

Pure it dan Blogdetik

sumber tulisan
http://www.pureitwater.com/ID/
http://biologicianisme.blogspot.com/2012/08/air-layak-minum.html
http://www.gadis.co.id/Gaul/ngobrol
http://nationalgeographic.co.id/berita/kategori/kesehatan

Iklan

5 tanggapan untuk “Air, Pure it dan Hidup Sehat

  1. Jangankan di perkotaan, di gunung aja air bersih layak minum mulai susah lhooo… mau pake air sumur sekarang juga serem, gak jauh dari sumur ada pembuangan itu tuh… hiiiyy…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s