JANGAN DATANG KE ACEH! BAHAYA!

aceh komik jadi 1 aplod
Jiah…., jadi Bahayanya Aceh yang Ente maksud di judul Artikel itu adalah karena pesona alamnya yang mampu ngebuat orang jadi cepet jatuh cinta, gitu….?!
Iya dong, Ente ndak waras kalo bilang tempat seindah itu berbahaya 🙂

Prett….! Indah dari mananya….? Kan daerah itu udah pernah hancur karena bencana
Weleh.. weleh…. Begini nih kalo orang yang jarang ngikutin berita dan perkembangan dunia. Ketinggalan info ente Bhro.

Lah emang Ada apa…?
Ente tau nggak sih kalo pasca bencana Aceh kini telah bangkit dan berhasil menjadi salah satu daerah dengan destinasi wisata terbaik di Indonesia.
 komik 2 aplod
Iya Serius, salah satu hal yang membuati Banda Aceh itu menarik adalah karena keberadaan wisata tsunaminya ini.

Wow…? Kalo boleh tau maksud wisata Tsunami itu apa ya….?
Sebelum dijelasin, Ane kasi intro dulu.
Sebagaimana yang kita ketahui, dulu pada tanggal 26 Desember 2004 tanah serambi mekkah ini pernah terkena bencana dahsyat bernama Tsunami. Banyak bangunan hancur dan Ribuan jiwa melayang akibat kejadian itu besar itu.
Okeh Ane paham, Trus….. hubungannya sama wisata tsunami apa…?
Jelas sangat berhubungan, karena yang dimaksud dengan wisata tsunami disini adalah kunjungan ke tempat-tempat yang dulunya terkena dampak tsunami.

Hah…..? kalau begitu apa serunya? Toh yang dikunjungi cuma puing-puing bangunan doang kan..?
Eits…. Jangan salah bhro, sekalipun yang Ente bakal lihat itu adalah bangunan rusak atau puing-puing doang tapi nilainya sangat berbeda. Justru dari wisata seperti inilah kita mampu merenung akan kebesaran Ilahi sekaligus menyadari betapa lemahnya kita ini sebagai manusia.
Wuih.. dalem banget, kalau begitu ayo coba tunjukkan salah satu contohnya biar Ane percaya


 Kapal di Atas Rumah Lampulo
Itu adalah nama objek wisata heritage di daerah daerah ‘Gampong Lampulo’ ini . Bangunan  yang dulunya menjadi tempat tinggal  keluarga Misbah dan Abassiah itu kini menjadi tempat wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh.
Bukan karena besar atau desain rumahnya yang menarik perhatian, melainkan atapnya. Ya tepat diatas rumah itu bersandar sebuah kapal laut seberat 20 ton.  

Kapal laut..?
Ya, seperti yang tampak pada gambar. Kapal dengan panjang 25 meter yang  terbuat dari kayu itu mulanya memang ada di pelabuhan, namun terseret oleh tsunami hingga masuk ke pemukiman penduduk.
Kini setelah pulih dari tsunami, bangunan inipun sengaja dibiarkan seperti itu untuk menjadi peringatan sekaligus renungan akan kuasa Illahi.
cara mencapai kapal lampulo
PLTD Apung
Hampir sama dengan Kapal di atas Rumah Lampulo, Kapal PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Apung dengan bobot 2600 ton yang semula ditambatkan di pelabuhan ini diterjang gelombang tsunami setinggi 9 meter dan terseret hingga 5 kilometer jauhnya hingga akhirnya terdampar di tengah jantung Kota Banda Aceh.

Kapal yang semula berfungsi sebagai penyuplai listrik wilayah Ulee Lheue ini  memiliki panjang 63 meter dan saat itu mampu menghasilkan daya sebesar 10,5 megawatt dengan luas jangkauan mencapai 1.900 meter persegi
 PLTD apungNah buat Sobat yang punya rencana ke Banda Aceh tempat ini wajib menjadi prioritas, karena Kini daerah di sekitar PLTD Apung telah dibeli dan didesain sebagai tempat wisata edukasi oleh pemerintah. Jadi nggak bakalan rugi deh ketempat ini.
Selain dapat menyaksikan rangkaian pegunungan bukit barisan yang tampak dari atas kapal, pengunjung juga dapat melihat monument peringatan yang sengaja dibangun pemerintah untuk mengenang korban jiwa yang jatuh akibat  tsunami. Di monumen itu secara jelas tertulis tanggal dan waktu terjadinya bencana.

letak pltd apungGilee bhro……, Ane bener-bener takjub ngelihatnya
Tuh kan apa Ane bilang, hal seperti ini benar-benar langka dan hanya ada di Aceh.
Iya deh, tapi sayang banget ya kalo monumennya Cuma segitu doang, Padahal Ane itu pengen tau lebih banyak lagi tentang kejadian tsunami 2004 silam.
Hahaha nggak usah khawatir Bhro karena ada satu tempat yang bisa menjawab semua pertanyaan Ente tentang tsunami
Hah yang bener….?
Beneran, nih penampakan tempatnya

museum-tsunami
Museum Tsunami
Museum Tsunami Banda Aceh, itulah nama bagi museum yang dibuka untuk umum pada tanggal 8 Mei 2011 ini. Selain berfungsi sebagai sarana edukasi bagi masyarakat museum ini juga ditujukan sebagai wahana untuk memperingati 120.000 jiwa yang meninggal dalam bencana besar 2004 silam. Karena kejadian itu pula, bangunan edukasi megah ini dirancang agar dapat menjadi pusat evakuasi Tsunami dimasa mendatang. (tapi Ane berharap semoga bencana itu tidak datang kembali, amin)

Menelan biaya puluhan miliar, museum yang di arsiteki oleh dosen ITB sekaligus orang nomer 1 di bandung saat ini, M, Ridwan Kamil menggunakan tema ‘Rumoh Aceh as Escape Hill’.   Dengan desain yang mengadaptasi konsep bangunan rumah panggung ciri khas rumah tradisional Aceh bangunan ini menjadi istimewa dan sangat unik.

Unik…?
Ya benar, unik. Jika dilihat  dari atas bentuk Museum ini menyerupai bentuk gelombang Tsunami yang berputar. Namun, jika melihat dari bawah atau samping maka akan terlihat menyerupai kapal pesiar yang sangat besar, Keren kan 🙂 

 museum tsunami 2Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari tempat ini, karena berbagai data mengenai tsunami baik berupa tulisan, foto maupun video lengkap tersedia di kawasan museum seluas 2500 meter persegi ini.  Yang menariknya lagi ada berbagai diorama keren yang dibuat secara detail untuk menggambarkan peristiwa tsunami di tahun 2004 itu.

 5 filosofi jembatan aplod
asek asek……. Museum Tsunami Banda Aceh, tempat ini harus masuk di daftar wajib kunjungan Ane nih.
Iya bhro, rugi kalo nggak mampir ketempat ini.
Tapi ngomong-ngomong cara ke Museum Tsunami ini gimana…?

 cara ketempat museum

Oh iya Sobat, selain punya wisata heritage dan wisata sejarah seperti 2 tempat diatas kurang afdol rasanya jika kita tidak membahas Wisata Religi di negeri yang dikenal sebagai Serambi Mekkah ini. ada 2 tempat keren menurut Ane yang wajib Sobat datangi jika nanti berkunjung ke Aceh. Dua tempat itu adalah :

masjid baiturrahmanMasjid Baiturrahman  
Siapa sih yang tak kenal dengan masjid 7 kubah ini? Ya Masjid berkapasitas 9000 orang jamaah ini adalah Masjid kebanggan sekaligus simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme Suku Aceh.

Bagi mereka yang pernah berkunjung ke tempat ini pasti akan merasa rindu dan ingin berjumpa lagi. Selain karena keteduhan dan rasa damai yang diperoleh, berkunjung ke tempat ini juga membuat kita seperti menyelami sejarah karena desainnya yang unik.

Masjid Baiturrahman juga punya fungsi lain bagi pelancong. “Titik Temu” itulah fungsinya, karena memang disinilah orang-orang sering membuat janji untuk bertemu. Alasannya simple, karena letak Masjid yang strategis dan banyaknya sarana pendukung disekitarnya.

Masjid baiturrahimMasjid Baiturrahim
Jika kita melihatnya sekarang, sekilas tampak tak ada yang istimewa dari Masjid  yang terletak di dekat Pelabuhan Ulhee Lheue ini.  Bercat dominan putih di temboknya dan hijau pada gentengnya membuat Masjid yang usianya satu abad lebih ini tampak modern dan kokoh, namun hal itu belum cukup menjadi alasan kenapa kita harus mengunjungi bangunan ini.

Lalu apakah kelebihan Masjid Baiturrahim ini…?
Kata-kata saja tidak cukup untuk menjawabnya, jadi lebih baik Sobat temukan jawabannya dalam gambar dibawah ini

Masjid baiturrahim 2Bagaimana….?
Apakah sekarang Sobat sudah tahu jawabannya…?
Masjid Baiturrahim ini adalah satu-satunya bangunan yang selamat ketika diterjang oleh ombak tsunami setinggi belasan meter di tahun 2004 silam. Masjid Baiturrahim ini semakin menjadi istimewa karena sebagaimana yang kita lihat jaraknya dengan pantai sangat dekat sehingga otomatis tenaga hantaman air pasang yang diterimanya juga sangat besar.
Subhanallah, Maha Besar Allah.
 beda keyakinanPrett!! Dasar stress
Ahahahahaha, btw dari tadi kita bahas tempat wisata doang. Di Aceh ada wisata kuliner yang beda dengan daerah lain nggak…?
Ohoho ada donk, bahkan masakannya bukan berbeda lagi tapi super unik Bhro
Ah masa….?
Iya namanya aja “Ayam Tsunami”
Eh serius..? jangan-jangan sebelum dimasak ayamnya dihanyutin dulu
Hahaha Ngaco Ente. Ayam tsunami ini juga punya nama lain yang lebih terkenal. Namanya “Ayam Tangkap”
Nah lo, tambah aneh aja namanya

 ayam tangkapEh tapi masakan ini diberikan nama “Ayam Tangkap” ada alasannya loh, karena ketika kita akan menyantap ayamnya kita harus menangkapnya (mencarinya) dari tumpukan dedaunan rempah Aceh
Ooo… begitu toh, Aneh tapi seru juga hehehe, trus yang nutupin ayam itu biasanya daun apa aja Bhro..?

Daun yang biasa digunakan untuk menyembunyikan ayam goreng ini nggak sembarangan loh Sobat, sebab dedaunan itu fungsinya tidak hanya untuk menutupi tetapi juga menambah kenikmatan rasa masakan. Karena itulah dedaunan yang biasa digunakan adalah daun kari, potongan daun pandan, dan salam koja.
penampakan ayam tangkap

Asek asek asek….  Trus kalo minuman khasnya Aceh ada nggak?
Ada dong, namanya “Kopi Gayo”
Yaelah Bhro jangan kopi dong soalnya kopi itu udah pasaran dimana-mana.
Oke deh ane sebutin yang laen, namanya “Kopi Ulee Kareng”
*tepok jidat
Itu kan juga sama-sama kopi
Iya tapi asal Ente tau aja, Aceh ini sudah terkenal diseluruh dunia sebagai daerah penghasil kopi berkualitas loh. Jadi wajar dong kalau masyarakat disini begitu bangga dengan kopi mereka. Lagian juga rasa dan cara penyajian kopi disini sangat berbeda dengan di tempat kita.
Beda gimana….?
Nih liat aja penampakannya
 cara penyajian kopi khas aceh
Jadi bubuk kopinya itu tidak sekedar diseduh melainkan juga ikut dimasak, sehingga otomatis aroma kopinya menjadi benar-benar kuat. Kemudian setelah dimasak, kopi disaring kembali beberapa kali menggunakan saringan kerucut seperti digambar.
Ada 3 jenis variasi yang biasa ditawarkan dalam kedai kopi, dua diantaranya mungkin sudah biasa Sobat dengar yaitu kopi hitam dan kopi susu. Namun untuk jenis ketiga yang bernama “Sanger” ini benar-benar khas karena variasi ini adalah racikan orisinil dari Aceh.

Emang bedanya dimana….?
Jika dilihat Sepintas, kopi ini sangat mirip dengan kopi susu. Tetapi yang membedakan Sanger adalah komposisi susu dan gulanya yang sedikit sehingga membuat esensi kopinya lebih terasa. Nah campuran dari kopi saring, susu kental dan gula inilah yang kemudian dikocok kembali hingga menghasilkan busa.

Slrup…… Ah Ane jadi haus pengen nyoba.
Tapi sayangnya kedua makanan dan minuman khas Aceh ini nggak selamanya boleh disantap siang hari bhro, karena ada waktu-waktu tertentu yang melarangnya.
Oh ya…?! kapan tuh Bhro kita nggak boleh menyantapnya….?
Siang hari waktu bulan Ramadhan
*$$*&$(%(%(%%(%(
Hahahahaha

 Rex PeunayongEh tempat apaan tuh…?
Dimana-mana yang namanya wisata itu identik dengan oleh-oleh Bhro, nah di “Rex Peunayong” inilah Ente bisa mendapatkannya, karena tempat ini adalah pusatnya jajanan di Aceh.

Wow… asik banget nih
Tempat ini dulunya dimanfaatkan oleh sejumlah masyarakat kota untuk berjualan di kala malam, namun akhirnya mati suri akibat tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004.  Untuk membantu para pedagang makanan korban tsunami pemerintah akhirnya berinisiatif untuk membangun Pusat Jajanan Rex Peunayong. 16 Oktober 2008 akhirnya tercatat sebagai peletakan batu pertamanya.

Setahun kemudian tepatnya Jumat, 16 Oktober 2009, Pusat Jajanan Rex Peunayong yang berdiri di areal seluas 670 m2 diresmikan. Saat itu ada 35 pedagang makanan tradisional yang mengisi Pusat Jajanan tersebut.

Rex Peunayong yang dulunya hanya dimanfaatkan untuk berdagang di waktu malam kini telah menjelma menjadi pusat jajanan terbesar di ibukota Provinsi Aceh. Selain untuk menggerakkan roda perekonomian, Pusat jajanan ini juga menjadi sarana Pemerintah daerah untuk mempromosikan cita rasa makanan, budaya dan keramatamahan masyarakat Aceh sebagai bangsa melayu yang beradab.

Arrggh…. Keren-kerenn……………………………! Jadi pengen kesana!
Hihihi sabar Bhro, makanya nabung dulu.
Nggak mau! Ane nggak mau tau Bhro, pokoknya besok hari minggu kita harus berangkat ke Aceh
Eh… tapi kalo hari minggu tiket pesawat mahal
NGGAK MAU TAU! POKOKNYA ENTE HARUS TEMENIN ANE KESANA. TITIK!
I..iya  deh

Tuh liat, gimana sifat orang bisa berubah setelah tau keindahan Aceh. Sekarang Sobat percayakanTau kan alasan kenapa Ane bilang “Aceh itu Berbahaya” hihihi

berbagai sumber referensi

 

Iklan

47 tanggapan untuk “JANGAN DATANG KE ACEH! BAHAYA!

  1. merinding ngeliat kapal kapal yang ada diatas rumah
    brrrr………… gimana besar gelombang tsunami itu ya hiii serem

  2. Ni si bedel kalau di aceh biar ane culik sekalian….!!!
    terus ane sekap dalam mobil en ane bawa keliling2 banda aceh buat nikmatin berbagai macam kuliner disini, ada mie aceh, sate matang, kopi sareng pancong, ayam kampus.. eh maksudnya ayam kampung masak aceh, kari kambing +++ :D, dan masih banyak lain nya biar tepar si bedel… 😀 😀

    terus besoknya ane bawa si bedel ke pelabuhan ulee lheue, ane lempar die ke kapal terus ane kirim ke sabang… sampe sana ane bawa dia ke pulau gapang dan ane kenalin sama sohib ane orang luar negeri (bule) yang fasih bahasa aceh, sekalian makan sambel ala bule 😀

  3. sial….! nyasar kemari gara-gara judul yang provokatif
    tapi ternyata ga rugi juga kemari, jadi tau potensi wisata aceh.
    kerennnnnnn

  4. masjid baiturrahim, saksi nyata kedahsyatan Tsunami. pengen kesanaaaaaa
    (ongkos….? Ongkos dari lombok berapa….? )

  5. Keren bangetttt blognya, jd nyesel saya selama ini kalo traveling ga pernah didokumentasikan dg n detail dan ditulis blognya…ajariin dong hehehe

    1. waaah sayang banget bhro, jalan2 tanpa dokumentasi itu ibarat makan tanpa lauk ^_^ Hambar hehehehe
      mo diajarin apa nih bhro….? wong tinggal tulis – tulis doang hihihi 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s