Cimahi, Kota Hijau yang Luar Biasa

Jujur ya,  bagi Ane sebagai warga luar jawa mendengar kata Cimahi itu identik banget dengan kota Bandung, karena itu Ane berterimakasih banget dengan adanya kompetisi blog ini, sebab wawasan Ane tentang Indonesia semakin bertambah.
(2 jempol Tengkyu to Pemkot Cimahi yang sudah mengadakan kontes blog ini.)

Awalnya agak serem juga sih mendengar julukan Cimahi sebagai “Kota Tentara”
Sumpah! tadinya dalam bayangan Ane kota cimahi itu  adalah sebuah kota yang dipenuhi dengan bangunan kokoh, terus di setiap tempat yang kita datengin selalu dipenuhi dengan tentara  berbadan besa bertampang sangar pula. Brrr…….

brrrr

Untung aja setelah Tanya-tanya dengan teman yang asli Cimahi ternyata gambaran itu salah semua “Fyuuh…. Lega”

Sedikit demi sedikit ketertarikan Ane dengan Cimahi ini  semakin bertambah ketika tahu kalo ternyata sebutan “Kota Hijau” itu diberikan bukan hanya karena sebagian besar wilayahnya (kalo ga salah 60%) digunakan untuk kepentingan pelatihan tentara, tapi karena memang wilayah cimahi itu benar – benar masih hijau, info dari  temen yang Ane telpon bilang kalau 75% lingkungan Cimahi masih hijau.
(Wow….! Ane sangat bangga dengan hal ini, sebab jarang-jarang loh di kota yang sedemikian terkenal masih memiliki tempat hijau yang seperti itu, Wajib dipertahankan nih Pren)

Oh iya ketika teman Ane membahas tentang kelebihan Cimahi, ada satu hal yang bisa langsung Ane percaya, Orang-orang Cimahi emang terbukti kreatif.

Apa buktinya ?
Sebenernya nggak perlu nyari bukti jauh-jauh, sebab kompetisi blog ini saja sudah menjadi salah satu buktinya. Nggak banyak loh bhro Pemerintah Kota yang merayakan ulang tahun wilayahnya dengan acara kreatif seperti ini.
Tapi kalau Sobat masih belum puas dengan contoh tadi Sobat bisa melihat ke kreatifan Cimahi dalam aspek lain, yaitu pengelolaan Sampah.

Sejak longsornya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah yang terkenal di tahun 2005 sampai saat ini Kota Cimahi belum membuat TPA baru, hal itu tentu menjadikan Cimahi sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang mampu mengelola sampahnya secara mandiri di tempat pertama sampah muncul, Keren kan.

FYI : Longsornya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah ini telah mencuri perhatian dunia karena untuk pertama kalinya ada sampah yang menewaskan 150 lebih nyawa)

Melihat kehebatan Cimahi ini entah mengapa Ane ngerasa kok “ini seperti jepang yah?” hal itu mungkin karena ane ngelihat ada persamaan dari segi luas wilayah serta cara berpikir masyarakatnya yang kreatif. “Ini sungguh kekuatan besar untuk Cimahi, karena potensi untuk menjadi sebagai kota cyber masa depan itu sudah jelas terlihat”

Karena itu kalau boleh Ane mau memberikan sedikit masukan untuk Pemkot Cimahi

  • Agar manfaatkan akun jejaring sosial secara Optimal untuk berbagi info mengenai teknologi atau hal apa saja yang dapat menambah wawasan pelajar. (sumbernya mungkin bisa didapatkan dari translate artikel berbahasa inggris yang sedang popular)
  • Memanfaatkan internet untuk berinteraksi dengan masyarakatnya, mungkin tiap satu bulan sekali membuka forum atau acara untuk sharing ide atau mendengar keluhan masyarakat via online
  • Rutin mengadakan kreatif seperti kontes blog seperti ini, tujuaanya untuk mengasah semangat kompetisi masyarakat.

Semoga masukan Ane diatas bisa memberikan manfaat ya ^_^
 

Cima……..

Eh iya, Ane baru inget. Selain ngomong tentang hijaunya lingkungan Sobat Ane itu juga  cerita tentang Pesatnya pembangunan di Cimahi. Hampir setiap tahun selalu ada saja bermunculan berbagai fasilitas pendukung yang baru (baca : Toko Kue, Rumah makan, Minimarket sampai dengan Mall)
“Ajibb….. Ane jadi membayangkan gimana jadinya Cimahi beberapa tahun kedepan, Asli kagum banget Ane”

cimahi kota teraman

Tapi disela ceritanya tentang sisi hebat Cimahi temen ane juga cerita kalo ada beberapa point yang Ia ingin dibenahi di Cimahi saat ini.
Apaan tuh?

Pertama di bidang kebersihan
•    Walaupun sudah sering menjadi langganan juara adipura tapi sampah masih banyak berserakan di pinggir jalan, khususnya yang berada di perbatasan Bandung Barat.
•    Di beberapa tempat masih sulit untuk menemukan tong sampah, untuk sampah kering mungkin masih bisa untuk dimasukkan ke kantong, tetapi untuk sampah basah? Weksss jijay

Sedikit Saran :
Alangkah baiknya kalau hal ini disosialisasikan ke pengusaha maupun masyarakat lokal untuk bersama patungan untuk pengadaan tong sampah,
Kenapa ga Pemkot aja yang melakukan pengadaan?
Ane rasa Pemkot pasti bisa, tapi dengan melakukan patungan masyarakat juga jadi merasa memiliki.

TANGKAP…!

Kedua, di bidang transportasi
Cimahi saat ini semakin macet” itu kata temen Ane
Kalau untuk masalah ini memang bener-bener sulit, Jakarta saja sampai saat ini masih belum menemukan solusi yang tepat.
Satu alasan yang biasanya dijadikan sebagai alasan untuk hal ini adalah
“Setiap orang sekarang butuh kendaraan untuk dapat membantu melakukan aktivitasnya, harap maklum”  nah kalo orang sudah pake alasan seperti ini biasanya kita jadi nggak bisa berkata apa-apa lagi

So… jadi apa solusinya…?
Kalo saran Ane sih ‘Go Green’ aja
Wew.. maksudnya gimana tuh?
Alat transportasi boleh semakin banyak, tapi bukan kendaraan bermotor. Jadi yang Ane maksudkan disini adalah sepeda. Ane rasa sepeda adalah solusi yang tepat untuk Cimahi, sebab dari info yang Ane dapat lokasi pusat kegiatan di Kota Cimahi itu rata-rata sangat berdekatan.

Hm… bagus juga idenya, tapi bagaimana cara menerapkannya agar efektif?
Simple, tentu saja harus dimulai dari atas. Ane yakin dengan dicontohkan oleh orang-orang yang punya nama besar secara kontinyu setiap hari sosialisasi sepeda akan jadi lebih mudah.

sepeda yang paling keren

Jakarta boleh terkenal dengan gelar ibukota dan kemacetannya
Bali dan Lombok boleh terkenal dengan keindahannya
Tapi Cimahi Bisa lebih terkenal dengan Kreativitas dan “Go Green-nya”

Semangat Cimahi
Terus Berinovasi
dan Selamat Ulang Tahun

sumber gambar : google.com, dok. pribadi  marlinasiagian.blogspot.com, akarliar.blogspot.com,masramdahsyat.blogspot.com, septiadirahmawan.blogspot.com

20 tanggapan untuk “Cimahi, Kota Hijau yang Luar Biasa

  1. Wow kota hijau……
    menarik bahasannya nih, dengan komik dan gambar yang eye catching jadii dapet Feel yang gimana gitu
    nais post ka’

  2. setuju banget dengan ide pake sepeda.
    sekarang ini indonesia emang lagi di jajah dengan kendaraan bermotor, dimana mana
    huh bikin polusi aja.
    semoga bisa kembali ke jaman sepeda yang lebih sehat dan alami ,amin amin amin

  3. kota hijau….?
    asli penasaran ane jadinya, pengen tau gimana sih tampilan kota yang didalemnya lebih banyak tentara???

  4. wah ternyata aku sama seperti si bedel, sama2 nggak tau kalo cimahi itu bukan bandung 😀
    semoga tahun ini bisa berkunjung, oh iya smoga aja tentaranya nggak seserem di gambar hiiii

Tinggalkan Balasan

