ANCOL, NEGERI 1001 MALAMNYA INDONESIA

Tak dapat dipungkiri kalau Kisah 1001 malam yang berasal dari negeri Arab itu telah memberikan inspirasi kepada  banyak orang tentang  dunia fantasi. Bahkan berkat dongeng itupula para arsitek dan desainer dari seluruh penjuru dunia kemudian berlomba-lomba untuk membuat bangunan unik di negara mereka layaknya negeri dongeng.
“Wow….!!!”
 Sungguh senang sekali rasanya jika membayangkan bangunan fantasi seperti Istana, Benteng, dan dunia Jin yang selama ini hanya bisa dilihat dalam film akhirnya benar-benar bisa diwujudkan kedalam bentuk fisik yang nyata,
 
Tapi yang jadi pertanyaannya sekarang adalah…
“Apakah kita (warga Indonesia) harus pergi ke luar negeri dulu untuk dapat merasakan sensasi itu??”
Jawabnya “Tidak perlu!”
Kenapa?
Karena Indonesia juga punya negeri 1001 malam sendiri yang sarat dengan Wisata Edukasi bernama “ANCOL”

Negeri 1001 Malamnya Indonesia

Jujur buat saya yang tinggal di NTB, berkunjung ke Ancol adalah impian terbesar saya sejak kecil. Alasannya simple “Karena saya melihat  semua hal yang selama saya imajinasikan ada di tempat itu”

Apakah Anggapan itu berlebihan?
Tidak Sobat, saya rasa apa yang saya ungkapkan itu adalah hal yang wajar karena saya yakin dan percaya kalau gambaran Ancol sebagai negeri impian telah tertanam kuat dalam alam bawah sadar setiap masyarakat Indonesia
 
Lalu hal apa saja sih yang membuat Ancol terlihat sebagai negeri 1001 malam?
Ada banyak sekali jawaban untuk pertanyaan ini,

Pertama, karena di Ancol terdapat istana

keberadaan Istana di Ancol tepatnya dalam kawasan Dunia Fantasi ini adalah hal pertama yang membuat saya yakin kalau inilah negeri dongeng.
Sebagai seorang yang masa kecilnya tumbuh bersama dongeng dan kisah-kisah fantasi, Saya punya imajinasi kalau istana itu adalah lambang utama dari negeri Dongeng.  karena itu bagi saya syarat pertama agar sebuah tempat dapat dianggap sebagai negeri dongeng adalah memiliki istana.
Terimakasih Ancol, karena telah mewujudkan impian setiap orang yang ingin melihat istana.

Kedua, di Ancol ada negeri bawah laut

Ini adalah faktor kedua yang saya anggap paling luarbiasa, bagaimana tidak dengan memasuki Sea World kita bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana sebenarnya rupa kehidupan dalam air itu, dijamin moment ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda.
Ada manfaat ganda yang diperoleh dari  Sea World ini, selain dapat merasakan sensasi negeri bawah laut kita juga akan mendapat banyak pengetahuan tentang mahluk laut. Perlu Anda ketahui Sea World mempunyai banyak sekali koleksi mulai dari biota perairan tawar, terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) sampai biota perairan laut yang terdiri dari 5.180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis) dan 1 mamalia.
“Hebat bukan, karena itu Anda harus memasukkan Sea World kedalam list tempat yang wajib dikunjungi!”

Ketiga, Rekreasi Air Yang Unik

Atlantis Water Park adalah tempat fantastis berikutnya di Ancol.
Jika sebelumnya Anda menganggap meluncur dari ketinggian 22 meter itu sebelumnya hanya dalam mimpi saja, maka sekarang persiapkan keberanian Anda karena “Crazy” nama peluncur gila di Atlantis Water Park akan membantu Anda mewujudkannya.
Dalam Atlantis ini banyak sekali permainan air lainnya yang selama ini belum pernah dibayangkan. Sungguh benar-benar istana air dalam negeri impian yang tiada duanya.

Keempat,  Ancol Punya Dunia Fantasi, Dunia Mimpi yang sebenarnya

Jika Sea World dan Atlantis Water Park adalah perwujudan dunia mimpi dalam dunia air, maka Dunia Fantasi adalah perwujudan dunia mimpi di daratan.

Seperti namanya, dalam kawasan Dufan ini nuansa fantasi benar-benar terasa, karena pengunjung akan dapat merasakan berbagai sensasi tak biasa disini.  mulai dari sensasi tabrakan dengan gokart, kebut-kebutan dengan jet coaster, mengarungi sungai yang ekstrim dengan arung jeram sampai dengan sensasi berada dalam pusaran angin tornado.”Kereen banget deh pokoknya”
Nah selain wahana yang memompa adrenaline seperti diatas masih banyak lagi wahana menarik lainnya yang tak kalah keren. Karena itu berkunjung satu hari di dunia impian ini tak akan pernah terasa cukup. “Percaya deh dengan apa yang saya bilang”
Oleh sebab itu wajar rasanya kalau semua orang menganggap Dunia Fantasi itu adalah Tanah impian terhebat dan tak tergantikan di Indonesia.

 

Sebenarnya keempat alasan tadi sudah cukup untuk mengukuhkan Ancol itu sebagai negeri 1001 malamnya indonesia, namun ada satu faktor tambahan lagi yang membuat Ancol mendapatkan status “WAJIB DIKUNJUNGI!!”

 Faktor Apakah itu….?

Jawabnya adalah EDUTAINMENT

 

di Indonesia saat ini telah banyak muncul wahana-wahaan permainan dan rekreasi baru, namun yang menyediakan fasilitas rekreasi sambil belajar alias Edutainment itu masih jarang. Ancol sebagai pemeran terbesar paham dengan kebutuhan seperti itu, karena ketika berkunjung ke Ancol Anda akan banyak sekali menemukan tempat-tempat yang mengandung nilai pembelajaran tinggi. Berikut adalah beberapa diantaranya :

 

Treasureland Temple of Fire

Treasureland adalah pagelaran teater yang menampilkan aksi menegangkan dari stuntman dari berbagai Negara seperti  Amerika, China, Jerman, dan Brasil. Adapun kisah yang diangkat dalam teater ini adalah tentang arkeolog yang mencari artefak di kuil kuno.

Arkeologi yang mungkin awalnya bagi Anda terdengar membosankan akan menjadi  menarik lewat pertunjukkan teater ini, pokoknya banyak sekali pengetahuan tentang kebudayaan dan peninggalan masa lalu yang bisa didapatkan disini

 

Gelanggang Samudra

Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri lautan, karena itu sebagai warga negaranya sangat penting bagi kita untuk mengetahui dunia laut beserta mahluk yang hidup di dalamnya.

 

Tapi dimana kita harus mempelajarinya?

Tidak perlu bingung Sobat, Ancol sebagai pusat wisata edutainment telah menyediakannya. Selain Sea World yang saya ceritakan sebelumnya, taman rekreasi yang 46 tahun menjadi langganan warga Jakarta ini  ini juga punya  Gelanggang Samudra Ancol. Sebagai theme park ketiga yang dikembangkan merupakan edutainment theme park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa, antara lain lumba-lumba, paus putih, anjing laut, dan lain-lain

 

Gimana, hebat kan ?

Itulah hebatnya Ancol, bisa menyediakan hiburan berkualitas untuk pendidikan. Tapi yang saya sebutkan itu baru sebagian saja loh, karena masih banyak wahana edutainment lainnya yang menunggu sobat di Ancol

 

Terus  kenapa tidak disebutkan  semuanya?

Ada dua alasan,

1.      Sengaja, sebab wahanya yang lainnya itu terlalu hebat untuk diceritakan disini, jadi lebih baik Anda lihat dan buktikan sendiri agar lebih terasa sensasinya.

2.      Pesatnya perkembangan teknologi membuat Taman Wisata Edutainment selalu mengalami ‘upgrade’ atau peningkatan level, karena itu wahana edutainment akan selalu mengalami penambahan.

 

Ancol memang benar-benar paham dengan kebutuhan masyarakat, karena semua jenis hiburan lengkap ada disini. Tapi sejujurnya saya juga berharap di Ancol juga nantinya akan membuat beberapa wahana baru lagi yang  keren. Berikut 2 wahana yang saya harapkan ada.

 

Wahana Broadcasting

Sebuah wahana dimana pengunjung dapat merasakan sensasi menjadi penyiar, pembawa acara atau bahkan artis. Wahana seperti ini saya rasa dapat melatih orang untuk menjadi lebih percaya diri untuk tampil dihadapan orang banyak.

 

Wahana superhero

Impian lain saya sejak kecil adalah bertemu dengan superhero, karena itu alangkah hebatnya jika nantinya di Ancol akan ada wahana seperti ini, dimana seluruh superhero dunia dapat berkumpul dan beraksi, kemudian di akhirnya pengunjung dapat berfoto. Wah… pasti menarik sekali.

 

Saya sangat berharap dalam waktu dekat wahana – wahana baru itu bisa hadir di Ancol amin-amin.

Nah sobat, itulah sedikit gambaran dari Ancol negeri 1001 malamnya Indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda tentang Wahana Wisata Edukasi terbaik Indonesia, Ancol.

Iklan

4 tanggapan untuk “ANCOL, NEGERI 1001 MALAMNYA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s