FORTUNER, SUV TERBAIK YANG MENAKLUKKAN DUNIA!

itro 

Petualangan Fortuner pada ekspedisi “Euro Asia”  tahun 2011 lalu benar – benar membuat saya tercengang. Bagaimana tidak, saat itu Toyota  Fortuner  sukses menempuh  jarak puluhan ribu km dari Jakarta menuju Italia serta melewati 23 negara dan 60 kota di sepanjang perjalanannya, ekspedisi itu berhasil menunjukkan pada dunia kalau produk dalam negeri juga memiliki kualitas yang baik. Amazing !!

Mimpi dan Cita-cita

Jujur, sebagai seorang pria saya juga pernah punya mimpi untuk berpetualang mengelilingi dunia, Jepang dan Turki adalah 2 negara yang menjadi tujuan utama. Namun seiring berjalannya waktu saya merasa semua itu hanya impian belaka yang tak mungkin saya wujudkan.

Toyota Fortuner Adventure 2011 yang terkenal sebagai Ekspedisi “Euro Asia”  telah membuka mata saya sepenuhnya “Ternyata apa yang kita impikan pasti bisa diwujudkan, asal ada kemauan kuat!”  adalah kesimpulan yang saya dapat setelah membaca berita petualangan Toyota Fortuner yang berhasil menembus Asia dan Eropa.

komik fortuner suv terbaik

Belajar dari Fortuner

“ Belajarlah dari mereka yang berhasil” itu adalah salah satu rahasia sukses yang acapkali di ucapkan oleh para motivator. Saya sangat yakin dengan ungkapan itu, karenanya setelah mengetahui keberhasilan Toyota Fortuner menaklukkan rute yang sulit dalam ekspedisi “Euro Asia” saya segera mempelajarinya, dan berikut inilah beberapa fakta menarik yang saya temukan dibalik keberhasilan Toyota Fortuner.

Tangguh

Sebagaimana yang disebutkan dalam artikel “Fastron euroasia I Fortuner Standard Pabrik” disebutkan  kalau mobil Toyota Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4 yang digunakan itu berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2700cc. Mobil tersebut mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-I yang tangguh dan dapat digunakan di segala medan, serta mendapat sertifikasi kelayakan uji emisi Euro-2.

Ketangguhan mesin Fortuner ini seungguhnyalah yang menjadi modal utama keberhasilan petualangan, berkatnya tim ekspedisi “Euro-asia” yang berjumlah 16 orang  berhasil melintasi jarak sejauh 27 ribu km, Dahsyat!

Ketangguhan mesin Fortuner telah teruji ketika melewati Negara – Negara yang memiliki iklim dan suhu yang ekstrim, salah satunya adalah China. Dalam artikel yang berjudulFastron euro Asia III Menembus Gurun di China disebutkan saat itu di bulan November suhu di padang pasir Mingsha Mountain yang dilewati oleh tim sempat mencapai 1 derajat celcius. Hebatnya dalam kondisi seperti itu Fortuner masih tetap tangguh mengantarkan seluruh anggota tim ekspedisi menapaki jalan menuju tujuan akhir.

Fortuner EURO - ASIA

Sistem penggerak 4×4 adalah point penting kala itu untuk menuntaskan perjalanan, berkat adanya kombinasi suspensi depan double wishbone with stabilizer dan suspensi belakang 4 Link dengan Lateral Rod inilah  yang menjadikan Fortuner layak disebut  “Fortuner Sang Penjelajah Tangguh.”

Lain di China lain pula di Kyrghyztan, sebagaimana disebutkan dalam artikel yang berjudul “Fastron Euro Asia IV Menerjang Gunung Es Asia Tengah”  di Negara yang terletak pada kawasan Asia Tengah ini  tim harus melintasi pegunungan batu bersalju dengan kontur jalan berliku dan naik turun, dengan suhu udara rata-rata 1 derajat celcius. Bahkan ketika melintasi perbatasan Cina dan Kyrghyztan suhu minus 10 derajat celcius juga pernah dialami.

Melewati kondisi ekstrim seperti itu Fortuner tak mengalami hambatan apapun, salah satu kuncinya adalah berkat teknologi VVT-I yang ditanamkan di dalamnya.

VVT-I  didukung oleh sensor oksigen. Sistem ini mampu mendeteksi jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar. Dengan tahu jumlah oksigen yang masuk, sistem bisa menakar kebutuhan oksigen yang diperlukan. Katup masuk ke ruang bakar juga bisa di kendalikan lama bukaannya disesuaikan dengan kondisi medan dan beban mobil. Dengan demikian mesin selalu bisa memproduksi tenaga yang dibutuhkan sesuai kebutuhan.

 perjalanan Fortuner copy

Kuat

Bayangkan, bagaimana jadinya jika tim ekspedisi “Euro-Asia” tidak menggunakan SUV yang kuat untuk Petualangan itu. Pastinya Ekspedisi bersejarah itu tidak akan pernah terwujud, dan hanya berakhir pada kegagalan.

Karena itu tak heran jika Toyota Fortuner yang telah dikenal sebagai Penjelajah Tangguh menjadi pilihan utama dalam Ekspedisi. Dengan body besar, dinamis, gagah dan elegan  Fortuner VN Turbo sanggup memberikan kontrol serta kelincahan yang halus dalam setiap medan yang dilalui.

Dibekali dengan Variable Nozzle Turbo, Fortuner mampu memproduksi tenaga dari 102 PS/3600rpm meningkat menjadi 144ps/3400rpm dan torsi dari 26.5kgm/1600 – 2400 rpm meningkat menjadi 35kgm/1600-2800rpm.

Selain itu teknologi DOHC dan VVT-i yang bisa menghasilkan power berlimpah untuk  Fortuner SUV (Sport Utility Vehicle) dengan ketangguhan luar biasa, sangat tepat untuk Ekspedisi penuh tantangan.

Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

Perjalanan yang ditempuh Tim ekspedisi “Euro-Asia” itu sejauh ribuan kilometer, dimulai dari Jakarta hingga Turki. Perlu diingat jalan – jalan yang dilalui tim itu melewati pegunungan dan gurun pasir, yang tentunya sangat sulit untuk memperoleh bahan bakar ditempat seperti itu.

Fortuner sebagai Penjelajah Tangguh di desain dengan teknologi modern yang canggih hadir sebagai solusi. Sistem injeksi yang ditanamkan dalam Fortuner SUV terbaik ini mengontrol secara elektronik pembakaran gas sehingga sangat irit dan sempurna.

Selain berfungsi menahan penggunaan BBM jumlah emisi yang dikeluarkan oleh Fortuner juga bisa ditekan dengan Teknologi Variable Valve Timing (VVT-i). Sistem ini meningkatkan torsi yang lebih besar sehingga membantu mengoptimalkan daya, efisiensi bahan bakar dan emisi. Maksimum output: 106 kW (144 PS) / 3.400 rpm. Maksimum torsi: 343 Nm / 1.600 – 2.800 rpm.

dashboard 2

Nyaman

Apalah artinya mobil yang tangguh dan kuat jika kita sebagai pengendaranya tidak merasa nyaman, bukankah itu hanya seperti melakukan hal  yang sia – sia?

Nah paham dengan keinginan konsumennya, Fortuner sebagai SUV Terbaik hadir untuk memberikan kenyamanan dan fasilitas terbaik untuk Anda.

Dalam artikel yang berjudul “Fastron euroasia II Menerjang Banjir Bandang Thailand” diceritakan saat melintasi negeri ‘Gajah Putih’Thailand, Tim Ekspedisi sempat terjebak dalam banjir bandang yang sedang melanda kawasan itu.  Tapi berkat Ground Clearance yang dimiliki Fortuner cukup tinggi banjir bandang itu tidak menjadi masalah yang berarti.

Sebagai mobil yang dirancang untuk keluarga dan petualang Fortuner dilengkapi dengan sistem keselamatan aktif dan pasif seperti ABS, GOA body, dual SRS airbags dan Driver’s Side.

  • Anti-lock Braking System (ABS) berfungsi untuk  mencegah roda dari penguncian serta  menstabilkan kinerja pengereman bahkan di jalan licin.
  • Global Outstanding Assessment (GOA) merupakan struktur tubuh yang dibangun dengan menggunakan lembaran baja yang dirancang khusus untuk mengaparkan dampak energi, sehingga mengurangi cedera pada penghuni.
  • Dual SRS Airbags, Berfungsi untuk  mengurangi efek tubrukan terhadap pengemudi dan penumpang depan pada bagian kepala dan dada, apabila terjadi tabrakan dari depan.
  • Jam Protection Window (Driver’s Side), merupakan  sensor Perlindungan Jam otomatis yang berfungsi untuk menurunkan jendela ketika suatu objek terdeteksi.

dashboard

Selain fasilitas keselamatan diatas ada beberapa faktor lain lagi yang membuat Toyota Fortuner berpredikat sebagai SUV Terbaik, beberapa faktor itu adalah kelapangan yang besar ketika berada di dalam, kualitas jok nomer 1, AC otomatis serta  panel tengah Instrument Cluster Ergonomis berteknologi canggih.

Sungguh banyak sekali pelajaran bermanfaat yang dapat saya petik dari kisah sukses Fortuner menjelajahi Eropa dan Asia. Dari sekian banyak manfaat itu ada 2 point yang paling penting menurut saya, yaitu :

  • “Usaha dan action adalah 2 hal penting untuk mewujudkan mimpi” hal ini saya pelajari dari tim Ekspedisi Euro – Asia yang berhasil menempuh rute ekstrim di benua Asia dan Eropa. Sungguh awalnya bagi saya ekspedisi menempuh jarak puluhan ribu kilometer menggunakan mobil itu terlihat seperti mimpi, sampai Fortuner dan Tim mewujudkannya.
  • “Produk dalam negeri juga punya kualitas yang super baik” fakta kalau keseluruhan yang melekat pada Toyota Fortuner adalah produk anak negeri membuat saya bangga dan bersemangat kembali untuk mewujudkan mimpi saya yang telah lama terkubur.

Nah dari kilasan review di atas Anda sekarang tentu semakin mengerti alasan mengapa para petualang sejati lebih memilih Fortuner sebagai partner mereka untuk berpetualang daripada yang lain, karena itu mulai sekarang mantapkan pilihan Anda untuk menggunakan Fortuner ya.

new exterior

Oke, saya tertarik, Lalu dimana saya bisa memperoleh info lengkapnya ?

Gampang, anda hanya perlu mengunjungi http://www.toyota.astra.co.id disana semua informasi mengenai Fortuner dan Mobil keluaran Toyota disajikan lengkap dan update, mudah kan.

sumber :

Iklan

2 Comments Add yours

  1. ramond berkata:

    serem banget ne mobil jadi pengen punyaaaaaaa!!!
    mantap, gue harus mulai nabung neh biar bisa beli
    nice artikel gan smoga bisa juara

    1. ladanghoki berkata:

      ayo ayo nabung nabung bhro ^_^
      ane juga pengen banget punya mobil kek gini
      Kereeeeeeeeeeeennnnn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s